Wisuda Gelombang IV TA 2016/2017, Dosen FK Unpad Raih Wisudawan Terbaik Program Doktor

[unpad.ac.id, 31/07/2017] Dosen Departemen Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Dr. Vitriana Biben, dr., Sp.KFR, meraih predikat sebagai Wisudawan Terbaik Program Doktor pada Wisuda Gelombang IV Tahun Akademik 2016/2017, 1-3 Agustus. Dr. Vitriana lulus dari prodi Doktor Ilmu Kedokteran Unpad dengan nilai IPK 3,98.

Dr. Vitriana Biben, dr., Sp.KFR (Foto: Tedi Yusup)*

Dr. Vitriana masuk program Doktor pada 2014 dan dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Penelitian disertasi yang dilakukannya terfokus pada status vitamin D dan polimorfisme gen reseptor terhadap sarkopenia. Sarkopenia merupakan sindrom penurunan massa dan fungsi otot pada kelompok lanjut usia (lansia).

Secara garis besar, Dr. Vitriana mengkaji hubungan antara vitamin D terhadap kualitas otot pada kelompok lansia. Sebagai negara tropis, lanjut Dr. Vitriana, Indonesia kaya dengan sinar matahari yang banyak mengandung vitamin D.

“Kadar rendah tersebut perlu dilakukan tindak lanjut, karena ini berkaitan dengan kualitas otot dan kualitas hidup lansia,” kata Dr. Vitriana saat ditemui Humas Unpad, Senin (31/07).

Penelitian disertasi ini dipromotori Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(K), M.Kes., Dr. Gaga Irawan N, dr., Sp.GK, M.Gizi, dan Dr. med. Sc. Irma Ruslina Defi, dr., Sp.KFR(K). Penelitian ini pun telah dipublikasikan di Asian Journal of Epidemiiology dan jurnal nasional Majalah Kedokteran Bandung.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Wisuda Gelombang IV TA 2016/2017, Dosen FK Unpad Raih Wisudawan Terbaik Program Doktor appeared first on Universitas Padjadjaran.