Valentine’s Day: Sejarah dan Bagaimana Warga Dunia Merayakannya

Happy Valentine’s Day | Tumblr

Siapa yang tidak mengatahui hari kasih sayang atau yang biasa disebut Valentine’s Day? Hari yang jatuh tanggal 14 Februari setiap tahunnya menjadi simbol hari di mana kita menyampaikan kasih dan sayang kepada orang yang kita cintai. Tahun ini, hari valentine jatuh pada hari selasa.

Tapi apakah kalian tau sejarah dari hari valentine itu sendiri?

Sejarah Valentine’s Day

Dikutip dari Telegraph (13 Februari 2017) hari valentine adalah kisah seorang pendeta dari Roma bernama St Valentine.

Saint Valentine membaptis Saint Lucilla by Jacopo Bassano | Telegraph.co.uk

Pada masa itu, Kaisar Claudius II melarang adanya pernikahan karena hal ini dianggap membuat prajuritnya menjadi lemah dan buruk. Terdapat anggapan bahwa prajurit yang tidak menikah akan senantiasa bergabung dalam militer. Namun St Valentine tidak mengindahkan hal tersebut dan tetap melakukan pemberkatan pernikahan secara diam-diam.

Karena perilakunya, St Valentine dimasukkan dalam penjara dan mendapatkan hukuman mati. Namun saat itu St Valentine jatuh cinta kepada putri dari seorang sipir penjara. Ia mengirimkan wanita itu sebuah surat cinta pada tanggal 14 Februari (di mana hari tersebut adalah hari ia dieksekusi) dengan judul “from your Valentine” sebagai ucapan perpisahan.

Nama Valentinus ditemukan dalam buku Martyrologium Hieronymianum yang adalah Roman Marty, dipercaya sebagai sumber Martyrologies Barat pada abad pertengahan. Hari Valentine yang dirayakan pada 14 Februari pertama kali dibuat oleh Paus Gelasius I tahun 496.

Saat ini, Tulang St Valentine dengan mahkota yang terbuat dari bunga beristirahat tenang di Chiesa di Santa Maria, Cosmedin, Piazza Bocca della Verità, Roma.

Pada pertengahan abad ke 18, di Inggris, orang-orang mulai mengirimkan coklat dan kartu ucapan yang dipenuhi pita, hati dan gambar cupids.

Flower for Valentines Day | Tumblr

Perayaan Valentine’s Day di Dunia

Sebagian besar wilayah Eropa merayakan hari valentine dengan memberikan kunci St Valentine sebagai bentuk ungkapan bahwa kunci tersebut dapat membuka gembok hati sang penerima.

Di Finlandia, Valentine disebut sebagai Ystävänpäivä yang berarti adalah hari teman. sehingga pada hari tersebut, semua orang fokus terhadap teman yang disayanginya.

Namun di Meksiko, tanggal 14 Februari malah diibaratkan sebagai hari duka nasional.

Di negara seperti Pakistan, Malaysia, dan Arab Saudi justru apabila merayakan hari ini bisa mendapat hukuman.

Kalau di Jepang, adatnya perempuan memberikan coklat kepada laki-laki yang disukainya dan berharap tahun depan akan mendapatkan coklat dari orang tersebut.

Di Korea Selatan, 14 Februari diartikan sebagai 1 dari 12 hari penuh cinta yang selalu jatuh pada tanggal 14 disetiap bulannya. Kebiasaan yang dilakukan adalah wanita memberi coklat kepada pria dan sebulan kemudian, wanita tersebut mengharapkan pria tersebut memberikannya coklat pada “White Day“. Apabila tidak mendapatkan balasan maka dirayakan dengan memakan jajangmyeon.

Beda dengan Brazil yang biasanya tidak merayakan hari kasih sayang yang jatuh pada 14 Februari itu. Mereka biasanya merayakan “Dia dos Namorados” yang jatuh pada tanggal 12 juni. Perayaan itu adalah perayaan St Anthoni yang adalah lambang dari perjodohan dan pernikahan.

Itu adalah cara beberapa negara merayakan hari valentine mereka. Bagaimana denganmu?

Sumber: Telegraph.co.uk

The post Valentine’s Day: Sejarah dan Bagaimana Warga Dunia Merayakannya appeared first on Visualogy.