Unpad Kembali Menjadi PTN dengan Peminat Terbanyak di SNMPTN

[Unpad.ac.id, 27/04/2017] Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dapat diakses di laman http://pengumuman.snmptn.ac.id, pada Rabu (26/04) kemarin. Dalam hal ini, Universitas Padjadjaran kembali menjadi PTN dengan jumlah peminat SNMPTN tertinggi se-Indonesia , yaitu mencapai 39.388 orang dengan jumlah pendaftar yang diterima 2.369 orang, atau sekitar 6,08% dari total pendaftar.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A. (Foto: Tedi Yusup) *

“Jumlah pendaftar ke kita (Unpad) jauh melebihi angka peminat PTN lainnya,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. Arry Bainus, M.A., saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (27/04).

Dr. Arry menjelaskan, meskipun memiliki jumlah peminat tertinggi, angka ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Penurunan ini disebabkan adanya regulasi pembatasan jumlah pendaftar di setiap sekolah berdasarkan akreditasi . Sekolah berakreditasi A memiliki batasan jumlah pendaftar maksimal 50%, dari sebelumnya sebesar 75%. Begitu pula sekolah berakreditasi B memiliki batasan maksimal 30% dari sebelumnya 50%.

Dengan tingginya jumlah peminat, Unpad menetapkan, calon mahasiswa yang diterima di jalur SNMPTN merupakan pendaftar pada pilihan pertama. Ini bertujuan agar calon mahasiswa yang diterima merupakan pendaftar yang serius dan konsisten memilih Unpad.

Untuk itu, Dr. Arry mengimbau kepada siswa yang sudah diterima di Unpad melalui SNMPTN untuk melakukan proses registrasi. Ia menilai, peserta yang lulus SNMPTN merupakan peserta dengan kualifikasi terbaik dan mampu bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya.

Selain itu, jika ditemukan banyak angka yang tidak mendaftar, ini akan berpengaruh pada jumlah daya tampung Unpad selanjutnya. “Saya menginginkan angka (yang tidak mendaftar) di Unpad itu 0%. Artinya, semua mendaftar, 100 persen mendaftar,” kata Dr. Arry.

Lebih lanjut Dr. Arry mengatakan, program studi Kedokteran menjadi prodi dengan jumlah peminat tertinggi yaitu 3.769 orang, disusul prodi Manajemen (3.194), Farmasi (3.128), Ilmu Komunikasi (2.786), Akuntansi (2.690), Psikologi (2.626), Ilmu Keperawatan (2.468), Ilmu Hukum (2.221), serta Teknik Informatika (2.022).

Tahapan selanjutnya setelah dinyatakan diterima, calon mahasiswa melakukan registrasi dengan terlebih dahulu melengkapi biodata secara online di laman http://pengumuman.unpad.ac.id, mulai tanggai 28 April hingga 3 Mei 2017 pukul 17.00 WIB.

Terkait program afirmasi “Unpad Nyaah ka Jabar”, tahun ini Unpad memberikan porsi yang lebih besar di prodi tertentu sesuai tingkat kebutuhan di setiap Kota/Kabupaten. Sebagai contoh, jika suatu kabupaten membutuhkan kontribusi di sektor perikanan, maka porsi calon mahasiswanya akan lebih banyak di prodi Perikanan.

“Dengan adanya penyesuaian itu diharapkan lulusan Unpad betul-betul terserap di daerahnya. Tidak lagi SDM itu mencari pekerjaan di kota-kota besar,” kata Dr. Arry.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Unpad Kembali Menjadi PTN dengan Peminat Terbanyak di SNMPTN appeared first on Universitas Padjadjaran.