Unpad Akan Bangun Aquatic Stadium di Kampus Jatinangor

[Unpad.ac.id, 19/03/2017] Universitas Padjadjaran berencana akan membangun Aquatic Stadium di kampus Jatinangor. Rencana ini mendapat dukungan penuh dari pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI.

Dekan FPIK Unpad, Dr. Ir. Iskandar, M.Si. (Foto: Tedi Yusup)*

Dekan FPIK Unpad, Dr. Ir. Iskandar, M.Si. (Foto: Tedi Yusup)*

Dukungan tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman antara Menpora RI, Imam Nachrawi dengan Menristekdikti RI, Prof. Mohamad Nasir, yang digelar di Pangandaranan, Senin (13/03) pekan lalu. Dalam kesempatan itu, Imam mengatakan bahwa dukungan pembangunan Aquatic Stadium di Unpad bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa, terutama di prodi Ilmu Kelautan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad, Dr. Ir. Iskandar, M.Si., membenarkan, Aquatic Stadium di Unpad salah satunya bertujuan mendukung kompetensi akademik mahasiswa FPIK. Ia mengatakan, semua mahasiswa Ilmu Kelautan wajib bisa berenang dan menyelam. Ini didukung melalui penyelenggaraan mata kuliah wajib berenang dan widya selam bagi mahasiswa Ilmu Kelautan.

Lebih lanjut Dr. Iskandar saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (17/03) mengatakan, potensi perairan Indonesia, terutama di Jawa Barat, sangat besar. Ini mencakup potensi kelautan, garis pantai yang panjang, serta perairan umum di sektor waduk atau danau. Untuk itu, dibutuhkan ahli-ahli perikanan dan kelautan yang memiliki kompetensi baik.

“Salah satu kompetensi tersebut, minimal harus bisa berenang,” ujar Dr. Iskandar.

Dari segi pengajar, kata Dr. Iskandar, FPIK Unpad telah memiliki 2 Dosen yang sudah memiliki sertifikat instruktur selam level internasional, yaitu Syawaludin Alisyahbana Harahap, M.Sc., dan Donny Juliandri Prihadi, M.Sc. Agar semakin mendukung kompetensi, maka penyediaan sarana kolam renang mandiri sangat diperlukan.

Rencananya, Aquatic Stadium Unpad akan memiliki kolam renang berstandar internasional, dengan sejumlah kolam yang memiliki kedalaman yang cukup sehingga dapat digunakan untuk latihan selam dan loncat indah. Selain digunakan untuk sarana pembelajaran mahasiswa FPIK, Aquatic Stadium juga terbuka bagi mahasiswa dari prodi lain maupun Unit Kegiatan Mahasiswa Renang yang ada di Unpad.

Saat ini, pihaknya tengah menyusun tim untuk selanjutnya mempersiapkan Detail Engineering Design (DED)-nya. Ditargetkan, pembangunan Aquatic Stadium akan dilakukan pada 2018.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Unpad Akan Bangun Aquatic Stadium di Kampus Jatinangor appeared first on Universitas Padjadjaran.