Sejumlah Penghargaan Diberikan pada Malam Apresiasi Dies Natalis Unpad

[unpad.ac.id, 12/09/2017] Sejumlah civitas academica dan tenaga kependidikan Universitas Padjadjaran mendapat penghargaan dalam rangka Dies Natalis ke-60. Penghargaan ini diberikan atas dedikasi dan pengabdian yang telah dilakukan civitas academica dan tenaga kependidikan dalam memajukan Unpad.

Rektor Universitas Padjadjaran memberikan sejumlah penghargaan kepada civitas academica dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad pada acara Malam Apresiasi Dies Natalis Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (11/09) malam. (Foto: Tedi Yusup)*

Penghargaan diberikan dalam acara Malam Apresiasi Dies Natalis Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (11/09) malam. Ada 8 kategori penghargaan yang diberikan Unpad kepada dosen, guru besar, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dalam acara tersebut, yakni Satya Karya Bakti Kelas I, Satya Karya Bakti Kelas II, Satya Karya Purnabakti, Satya Karya Jasabakti, Satya Karya Bakti Pendidikan, Satya Karya Bakti Padjadjaran, serta tenaga pendidik dan kependidikan berprestasi.

“Kita pahami ada di antara kita yang melakukan pengabdian melebihi dari panggilan yang dimiilki. Atas dedikasinya, dengan bangga Unpad akan memberikan apresiasi,” ujar Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad saat memberikan sambutan dalam acara.

Penghargaan Satya Karya Bakti Kelas I diberikan kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdi di Unpad selama 25 tahun. Penghargaan ini diberikan kepada 72 orang yang dalam kesempatan tersebut diwakili Drs. Yuyu Yohana Risagarniwa, PhD dan Elis Yuliansih, S.E.

Sementara kategori Satya Karya Bakti Kelas II diberikan kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdi selama 15 tahun. Sebanyak 137 orang mendapat penghargaan Satya Karya Bakti Kelas II. Dalam acara tersebut, secara simbolis penghargaan diberikan kepada Prof. Dr. Eng. I Made Joni, M.Sc., dan Sri Rakhmiyati, M.I.Kom.

Pada penghargaan Satya Karya Purnabakti diberikan kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah mencapai usia pensiun. Penghargaan ini diberikan kepada 72 orang yang dalam kesempatan tersebut diwakili Prof. Dr. Endang Sutedja, dr., Sp.KK(K), dan Ir. Dhyana Melawati, M.Si.

Penghargaan selanjutnya Satya Karya Jasabakti diberikan kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah meninggal dunia dalam masa bakti aktif sebagai PNS di lingkungan Unpad. Penghargaan ini diberikan kepada 12 nama.

Satya Karya Bakti Pendidikan merupakan penghargaan yang diberikan Unpad kepada mantan pimpinan di lingkungan Unpad. Atas ketekunan dan kerja kerasnya, penghargaan ini diberikan kepada 3 orang, yaitu drg. Murnisari Darjan, M.S., Prof. Ramdan Panigoro, PhD, serta drs. Tatang Suparman, M.Hum.

Kategori penghargaan tenaga pendidik dan kependidikan berprestasi terdiri atas beberapa kategori. Untuk dosen berprestasi bidang sains dan teknologi diberikan kepada Dr. rer. nat. Yudi Rosandi, S.Si., M.Si., (FMIPA), sedangkan dosen berprestasi bidang sosial humaniora diberikan kepada Dr. Adiatma Y.M. Siregar (FEB).

Kategori penghargaan tenaga kependidkan berprestasi terdiri dari tenaga administrasi akademik berprestasi oleh Achmad Ardhi Nugoro (FEB), pustakawan berprestasi oleh Sukamtini, S.Sos., (FEB), laboran berprestasi oleh Andri Hendrawan Adrianto, M.Si., (Fapet), dan arsiparis berprestasi oleh Gumelar Wibawa Sunda Rukmana, S.E., (DRPM). Selanjutnya, penghargaan adisiswa diberikan kepada Agung Muhammad Yusuf.

Penghargaan Satya Karya Bakti Padjadjaran diberikan kepada Prof. Ramdan Panigoro, PhD. Sementara untuk anugerah Mahaguru diberikan kepada Prof. Dr. Husein Hernadi Bachti. Penghargaan juga diberikan kepada tokoh masyarakat sekaligus Guru Besar FH Unpad Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., M.CL.

Dalam acara tersebut diserahkan satu eksemplar buku hasil karya 44 guru besar aktif, pensiun, maupun emeritus di lingkungan Unpad. Buku berisi berbagai pemikiran guru besar untuk kemajuan Unpad ke depan. Buku tersebut secara simbolis diberikan oleh Ketua Dewan Profesor Unpad Prof. Dr. Sutyasti Soemitro, S.E., M.S, kepada Rektor Unpad.

Selain berbagai penghargaan di atas, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kema Unpad juga memberikan sejumlah penghargaan kepada mahasiswa, BEM, himpunan mahasiswa, dan unit kegiatan mahasiswa terbaik. Sebanyak 10 penghargaan dari 4 kategori diberikan oleh BEM Kema Unpad.

Untuk kategori mahasiswa perorangan, penghargaan best entrepreneurship diberikan kepada Sidik Amin Mubarok. Penghargaan best educational experience & research diberikan kepada Larasati Amaranggana.





















Untuk kategori BEM, subkategori best innovation & social movement diberikan kepada BEM Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Subkategori best regeneration diberikan kepada BEM Fakultas Psikologi. Subkategori most favorite diberikan kepada BEM FMIPA.

Di tingkat himpunan mahasiswa, subkategori best innovation & social movement diberikan kepada Hima Klinik Tanaman. Subkategori best regeneration diberikan kepada Hima prodi Biologi. Subkategori most favorite diberikan kepada Hima Manajemen Komunikasi.

Pada tingkat UKM, subkategori best contributor diberikan kepada UKM English Speaking Union (ESU). Sementara subkategori most favorite diberikan kepada UKM IAAS LC Unpad.

Penghargaan lain diberikan kepada Fakultas Ilmu Budaya yang berhasil menjadi pengisi stan pameran terbaik dalam kegiatan Research & Business Expo yang digelar Selasa (5/09) lalu.

Acara Malam Apresiasi ini dihadiri pimpinan, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa di lingkungan Unpad. Bertindak selaku pembawa acara Kamidia Radisti, acara ini diisi dengan peragaan busana Batik Komar dan Azizah Dnyonyah Batik & Bordir Art oleh para mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan ibu-ibu Darmawanita Unpad. Acara juga menghadirkan bintang tamu penyanyi Yura Yunita.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Sejumlah Penghargaan Diberikan pada Malam Apresiasi Dies Natalis Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.