Sambut Ramadan 1438 H, Unpad Luncurkan Program Wakaf Alquran

[unpad.ac.id, 24/05/2017] Menyambut bulan suci Ramadan 1438 H, Universitas Padjadjaran meluncurkan program Wakaf Alquran hasil kolaborasi dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unpad. Program tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat muslim melalui pengadaan mushaf Alquran berikut pembelajarannya, serta partisipasi aktif dalam mengentaskan buta huruf Alquran.

Ketua IKA Unpad Hikmat Kurnia (kiri) saat menyerahkan Alquran secara simbolis kepada Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dan Ketua Senat Akademik Unpad Prof. Oekan S. Abdoellah, M.A., PhD, di acara Munggahan Menyambut Bulan Suci Ramadan 1438 H, di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (24/05). Penyerahan ini merupakan bagian program Wakaf Alquran hasil kolaborasi IKA dengan Unpad. (Foto: Tedi Yusup)*

Sebagai bagian program Wakaf Alquran, Ketua IKA Unpad Hikmat Kurnia secara simbolis menyerahkan Alquran kepada Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dan Ketua Senat Akademik Unpad Prof. Oekan S. Abdoellah, M.A., PhD, di sela kegiatan Munggahan Menyambut Bulan Suci Ramadan 1438 H di Grha Sanusi Hardjadinata, Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Kamis (24/05). Acara diikuti oleh civitas academica, tenaga pendidikan, dan sejumlah mitra Unpad.

“Tidak sedikit di antara warga kita, yang juga belum tentu memilki akses terhadap Alquran. Jika pun memilik akses, belum tentu bisa membacanya dengan baik. Jika pun dapat membacanya dengan baik, mungkin di antara kita juga belum tentu memiliki kemampuan untuk dapat mengamalkannya dengan baik,” ujar Rektor.

Dengan demikian, Program Wakaf Alquran diharapkan bukan hanya dapat memberikan akses terhadap Alquran, tetapi juga dapat memberikan dorongan bagi yang sudah memiliki akses untuk terus mengamalkannya.

Sementara itu, Hikmat Kurnia menjelaskan bahwa Program Wakaf Al Quran terdiri dari wakaf fisik Alquran dan sedekah pengajaran Alquran.  Pelaksanaan program dilakukan mulai Mei 2017 berupa penggalangan dana, dan pendistribusian Alquran dilakukan mulai 12 Juni hingga Desember 2017.

Kegiatan yang akan dilakukan antara lain, penggalangan donasi wakaf Alquran dari perorangan, institusi, dan perorangan, dilanjutkan dengan pendistribusian wakal Alquran diantaranya  untuk anak yatim piatu, majelis taklim, perpustakaan masjid, pondok tahfidz, dan pesantren. Selain itu, juga akan digelar pengajaran dan workshop motivasi Alquran dengan metode Yassarna (metode mudah dalam mengamalkan Alquran).

Hikmat pun mengajak segenap keluarga besar Unpad untuk berpartisipasi dalam program tersebut, dengan transfer donasi wakaf Alquran ke nomor rekening BNI atas nama IKA Unpad Wakaf di nomor 8866220127.

“Semoga program ini menjadi ladang amal bagi kita semua,” harap Hikmat.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) oleh Rektor kepada sejumlah perwakilan civitas academica Unpad. Rektor pun mendorong segenap keluarga besar Unpad untuk bersama-sama memperkuat pengelolaan zakat di lingkungan kampus.






Acara munggahan ini juga diisi dengan tausyiah dari Prof. Dr. Maman Abdurrachman, M.A. bertema “Ibrah Ramadaniah: Dari Takwa ke Takwa”. Dalam tausiah yang disampaikan, Prof. Maman mengungkapkan, Bulan Ramadan memiliki ibrah atau pelajaran, diantaranya yaitu ibrah ruhiyah, ibrah ubudiyah jismiyah-shihiyah, ibrah ilmiyah, dan ibrah ijtimaiyah.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

 

The post Sambut Ramadan 1438 H, Unpad Luncurkan Program Wakaf Alquran appeared first on Universitas Padjadjaran.