Safari Ramadan, Ajang Silaturahmi dan Komunikasi dengan Seluruh Warga Unpad

[unpad.ac.id, 14/06/2017] Hari yang cerah disertai angin berembus lembut mengiringi pelaksanaan Safari Ramadan di Plaza Fakultas Pertanian (Faperta) Unpad, Jumat 9 Juni 2017 lalu. Safari Ramadan merupakan salah satu kegiatan Universitas Padjadjaran yang digelar untuk mempererat tali persaudaraan civitas academica dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad. Kegiatan berupa silaturahmi dan buka puasa bersama ini dilaksanakan di seluruh fakultas di lingkungan Unpad pada 6-22 Juni 2017.

Logo Unpad *

Di Fakultas Pertanian, kegiatan diawali dengan diskusi terbatas antara pimpinan universitas dan fakultas terkait sistem monitoring dan evaluasi program riset fakultas serta tindak lanjut program ASUP Jabar. Selain itu, juga digelar Khataman Alquran yang diikuti oleh para pengurus DKM Al Amanah, termasuk mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Selanjutnya dilaksanakan Sore Berbagi (Sorabi), merupakan kegiatan pemberian takjil dan makanan untuk berbuka puasa dari donasi civitas academica Faperta Unpad.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad mengungkapkan bahwa Safari Ramadan merupakan salah satu cara untuk bisa bertatap muka langsung dengan civitas academica dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad. Meski komunikasi dapat dilakukan melalui media sosial, pertemuan tatap muka langsung tetap penting dilakukan untuk memperkuat silaturahmi. Adanya komunikasi yang lancar juga akan meningkatkan pencapaian target kinerja demi memajukan Unpad.

Sementara itu, Dekan Faperta Unpad Dr. Ir. H. Sudarjat, M.P. menekankan pentingnya menjaga ukhuwah Islamiyah. Hal ini dapat memperkuat  kerja sama civitas academica Unpad untuk  mengembangkan kemajuan fakultas dan universitas.

Dalam kegiatan tersebut juga dipaparkan mengenai sejumlah unit strategis yang dikelola Unpad, yaitu Koperasi Konsumen Insan Abdi Masyarakat (KKIAM) dan Unit Pengelola Zakat (UPZ). Dalam pemaparannya mengenai KKIAM, Dr. Tuti Karyani, dosen Faperta Unpad yang juga merupakan salah satu pengurus koperasi mengungkapkan bahwa koperasi ini bertujuan untuk dapat mensejahterakan anggotanya dengan fasilitas yang telah disediakan.

Penjelasan mengenai UPZ dipaparkan oleh Gigin Ginanjar Kamil Bazar, S.Sos. Dalam kesempatan tersebut, dijelaskan juga mengenai Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ). Hal ini dinilai sangat bermanfaat bagi civitas akademika Unpad sehingga dapat  memberikan jalan untuk dapat berbagi bagi sesama sekaligus membersihkan harta yang dimiliki, karena dari penghasilan yang didapat  ada bagian yang merupakan hak bagi yang membutuhkan.

Pada Safari Ramadan kali ini juga hadir Ustaz H. Sukardi, M.Ag untuk  menyampaikan siraman rohani. Ustaz Sukardi menyampaikan pentingnya ukhuwah Islamiyah serta amalan-amalan yang bisa diraih di Bulan Ramadan.*

Rilis oleh Vira Kusuma Dewi (Faperta Unpad) / art

 

 

The post Safari Ramadan, Ajang Silaturahmi dan Komunikasi dengan Seluruh Warga Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.