Rektor Unpad Melepas Peserta KKNM PPMD Periode Juli-Agustus 2017

[unpad.ac.id, 12/07/2017] Sebanyak 1.894 mahasiswa mengikuti Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa – Pengabdian kepada Masyarakat Dosen (KKNM PPMD) Integratif Profesor Masuk Desa Unpad Periode Juli-Agustus 2017. Mereka terbagi dalam dua gelombang pemberangkatan yaitu pada Selasa (11/07) dan Rabu (11/07). Pemberangkatan hari pertama dilepas langsung oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dari Lapangan Parkir PPBS Unpad Kampus Jatinangor.

Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad melepas peserta KKNM PPMD Periode Juli-Agustus 2017 untuk lokasi Kab. Cirebon dan Kab. Majalengka di Lapangan PPBS Kampus Unpad Jatinangor, Selasa (11/07). (Foto: Tedi Yusup)

Pada kesempatan tersebut Rektor menjelaskan bahwa program KKNM ini merupakan ekspresi kemampuan akademik civitas Universitas Padjadjaran untuk dimanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat. Dengan program ini mahasiswa dibekali berbagai hal antara lain cara berinteraksi dengan masyarakat umum dan teman-teman dari berbagai fakultas untuk mendapat pandangan dari bidang ilmu yang berbeda.

“Program ini pun untuk mengimplementasikan kemampuan akademik para mahasiswa dan dosen agar dapat diaplikasikan di masyarakat,” tambah Rektor.

Rektor juga berharap dengan adanya interaksi yang terjalin selama program ini dapat menjadi modal awal untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, baik masyarakat umum maupun pemerintah daerah setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M. Hum., menyampaikan bahwa pada periode KKNM kali ini melibatkan sebanyak 44 guru besar sebagai Profesor Pembimbing Lapangan (PPL). KKNM ini dilaksakan di empat Kabupaten yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran dan Bekasi dan tersebar di 12 kecamatan dan 88 desa. Pada pemberangkatan KKNM hari pertama, diberangkatkan peserta KKNM untuk lokasi Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Majalengka.

Selain pelaksanaan program KKNM reguler, terdapat lima mahasiswa mengikuti KKN Kebangsaan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dengan tuan rumah Universitas Negeri Gorontalo. Kelima mahasiswa tersebut akan berangkat pada hari Minggu (16/07) dengan difasilitasi  oleh Unpad.

Tidak hanya itu Prof. Reiza juga menyampaikan bahwa pada KKNM kali ini terdapat program kerja sama Unpad dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenkopmk) dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Program KKNM kerja sama dengan Kemenkopmk ini antara lain untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat desa terkait Gerakan Nasional Revolusi Mental yang mencakup Program Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri, Gerakan Indonesia Bersatu.

Sedangkan program KKNM kerja sama dengan BNP2TKI mencakup penyuluhan tentang ketenagakerjaan khususnya berkaitan dengan ketenagakerjaan informal. Pada pemberangkatan peserta KKNM hari pertama, perwakilan BNP2TKI Rr. Lia Parisiana Kr., S.S. selaku Kepala Seksi Pelaksanaan Sosialisasi BNP2TKI turut melepas peserta KKNM tersebut.

Sementara itu, peserta KKNM untuk lokasi Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Pangandaran dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan pada hari Rabu (12/07) dari Lapangan Parkir PPBS Unpad Kampus Jatinangor.

Penerimaan Peserta KKNM di Kabupaten Cirebon

Para peserta KKNM di Kabupaten Cirebon diterima secara resmi oleh Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Raden Benni Sugriarsa mewakili Bupati Kabupaten Cirebon di Kantor Bupati Cirebon, Jl. Sunan Kalijaga No. 7 Cirebon, pada Senin (12/07). Pada kesempatan tersebut, beliau didampingi oleh Ketua Adhoc KKNM Unpad Dr. Drs. Ade Kosasih, M.Ag., perwakilan PPL KKNM Prof. Dr. Ir. Ellin Harlia, MS.

Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Raden Benni Sugriarsa (tengah) didampingi Ketua Adhoc KKNM Unpad Dr. Drs. Ade Kosasih, M.Ag., (kanan)
dan perwakilan PPL KKNM Prof. Dr. Ir. Ellin Harlia, MS., (kiri) saat menerima peserta KKNM di Kantor Bupati Cirebon, Jl. Sunan Kalijaga No. 7 Cirebon, pada Senin (12/07). (Foto: Tedi Yusup)

Pada kesempatan tersebut, Benni mengharapkan para peserta KKNM di daerahnya dapat segera beradaptasi dengan masyarakat setempat yang karakter tiap desanya berbeda-beda.

“Melalui pendekatan agama dan akhlaqul karimah, Saudara akan dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat,” ujar Benni.

Ia juga berharap melalui program KKNM ini dapat mentransformasikan ilmu dan teknologi yang sesuai dengan masyarakat yang majemuk.*

Laporan oleh: Marlia
















 

 

 

The post Rektor Unpad Melepas Peserta KKNM PPMD Periode Juli-Agustus 2017 appeared first on Universitas Padjadjaran.