Rektor Serahkan Dana Hibah Riset Internal Kepada Peneliti Unpad

[Unpad.ac.id, 15/03/2017] Sebanyak 375 penelitian dosen Universitas Padjadjaran mendapat dana Hibah Internal Unpad Gelombang I. Penyerahan dana tersebut dilakukan secara simbolis oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Rabu (15/03).

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, secara simbolis memberikan dana Hibah Internal Unpad Gelombang I di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Rabu (15/03). (Foto: Tedi Yusup)

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, secara simbolis memberikan dana Hibah Internal Unpad Gelombang I di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Rabu (15/03). (Foto: Tedi Yusup)*

 

 

 

 

 

 

Dalam kesempatan tersebut, Rektor mengungkapkan beberapa target Unpad terkait peningkatan jumlah publikasi dan mutu riset. Adanya Hibah Internal Unpad pun diharapkan dapat mendorong pencapaian target tersebut.

“Ini suatu upaya yang kita dorong bersama, bahwa dengan mendorong hibah internal ini, target-target ini tercapai,” ujar Rektor.

Rektor pun menekankan bahwa basis kegiatan riset adalah output. Dengan demikian, saat penting untuk menjaga proses agar output ini bisa tercapai. “Jadi penting, saat grant riset sudah diberikan, yang dituntut adalah output sesuai dengan yang dijanjikan,” tegasnya.

Kegiatan riset yang dilakukan pun harus terkait dengan proses pendidikan. Ini juga untuk mendukung performa pendidikan di Unpad, terutama dalam upaya meningkatkan presentasi lulusan tepat waktu. Selain itu, kegiatan pengabdian pada masyarakat juga harus terintegrasi dengan kegiatan riset. Di sisi lain, dengan mendorong peningkatan riset, maka akan turut mendorong perbaikan jenjang akademik dosen.

“Kalau ini berhasil, produktivitas risetnya baik, jabatan akademik dosen akan berjalan lebih baik lagi,” ujar Rektor.

Sementara itu, Direktur Riset, Pengabdian pada Masyakarat dan Inovasi Rizky Abdulah, S.Si., Apt., PhD mengungkapkan bahwa dari 458 proposal penelitian yang masuk, Unpad memilih 375 proposal yang dinilai layak untuk didanai. Proposal-proposal yang masuk pun telah mengalami sejumlah proses review.  Dari hasil review tersebut, Rizky optimis bahwa upaya Unpad untuk meningkatkan performa riset akan dapat dilakukan lebih cepat.

humas-unpad-2017_03_15-hibah-internal-unpad-1-tedi
humas-unpad-2017_03_15-hibah-internal-unpad-3-tedi
humas-unpad-2017_03_15-hibah-internal-unpad-tedi

Adapun Hibah Internal Unpad ini terdiri dari beberapa skema, yaitu Academic Leadership Grant (ALG), Riset Kompetensi Dosen Unpad,  Riset Fundamental Unpad, Riset Dosen Pemula Unpad, dan Riset Hilirisasi Produk Unggulan Unpad (RHPU).

Direktur Keuangan dan Logistik Unpad,  Edi Jaenudin, S.E., Ak., M.Si., mengungkapkan bahwa pemberian dana hibah akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama (sebelum penelitian) diberikan  sebesar 40%, tahap kedua (saat progress report) sebesar 30%, dan tahap ketiga (saat laporan akhir) adalah sebesar 30%.  “Jadi total 100 persen,” ungkapnya.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana/am

The post Rektor Serahkan Dana Hibah Riset Internal Kepada Peneliti Unpad appeared first on Universitas Padjadjaran.