Rektor Serahkan Dana Hibah Pengabdian kepada Masyarakat dan Profesor Masuk Desa

[unpad.ac.id, 28/07/2017] Universitas Padjadjaran memberikan dana hibah Riset Pengabdian Kepada Masyarakat dan hibah Profesor Masuk Desa kepada guru besar dan dosen. Hibah tersebut diberikan oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad kepada para dosen dan guru besar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jumat (28/07) sore.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad, secara simbolis menyerahkan dana Hibah Pengabdian kepada Masyarakat dan Hibah Profesor Masuk Desa di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jumat (28/07). (Foto: Tedi Yusup)*

“(Pemberian) ini sebenarnya kegiatan penugasan dari universitas. Kami support dananya,” ujar Rektor.

Dalam pengarahannya, Rektor mengatakan, hibah riset pengabdian kepada masyarakat ini diberikan bagi para dosen yang memiliki hibah penelitian. Ini berarti, aktivitas pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen harus sejalan dengan riset yang dijalankan.

Namun, masih banyak program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen masih belum menyentuh ke ranah hilirisasi produk penelitian. Rektor mengatakan, berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan para dosen saat ini masih mengaplikasikan kompetensi keilmuan, bukan dari hasil temuannya.

“Misalnya, ada kegiatan pengabdian melakukan sunatan massal. Itu hanya mengaplikasikan ilmu bagaimana menyunat, bukan mengaplikasikan temuan baru bagaimana teknik menyunat yang lebih komprehensif,” kata Rektor.

Untuk itu, Rektor mengharapkan para dosen mampu mengintegrasikan aktivitas riset, pengabdian dan masyarakat, serta pendidikan dalam satu program berkelanjutan. “Semestinya kalau kuat risetnya, berbagai temuan-temuan yang dihasilkan bisa dimanfaatkan ke masyarakat,” ungkapnya.

Terkait hibah pengabdian kepada masyarakat ini, universitas memprioritaskan berbagai program pengabdian yang dilaksanakan di Jatinangor, berbagai lokasi kampus Unpad, kawasan Geopark Ciletuh, serta di Jawa Barat.

Nantinya, program ini juga akan diintegrasikan dengan program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM). Tidak hanya itu, program pengabdian ini juga didorong untuk melibatkan mahasiswa dari berbagai jenjang sebagai bahan penyusunan tugas akhir.

“Sertakan pula teman-teman dari perguruan tinggi lain di Jawa Barat untuk ikut dalam penelitian,” kata Rektor.

Di hadapan dosen dan guru besar, Rektor juga menyampaikan upaya peningkatan publikasi ilmiah di Indonesia. Ia menilai, ada peningkatan publikasi penelitian Indonesia yang dicapai melalui publikasi di beberapa proceeding seminar internasional yang telah terindeks Scopus.

Jika dilihat dari jumlah publikasi di jurnal ilmiah, Indonesia masih kalah dibanding dengan negara di kawasan ASEAN. Untuk itu, Rektor mendorong para dosen untuk dapat melakukan publikasi ilmiah di jurnal ilmiah internasional.






“Artikel ilmiah punya akses jauh lebih kuat,” kata Rektor.

Adapun dana hibah pengabdian kepada masyarakat ini akan diberikan dalam bentuk kartu ATM. Dalam kesempatan tersebut, Rektor secara simbolis menyerahkan kartu ATM kepada Dr. R. Ratna Misa Dai, S.Sos., M.Si., dan Dr. Ilham Gemiharto, S.Sos., M.Si., selaku perwakilan penerima hibah pengabdian kepada masyarakat, serta Prof. drs. H. Yayat Dhahiyat, M.S., PhD, selaku perwakilan penerima hibah Profesor Masuk Desa.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Rektor Serahkan Dana Hibah Pengabdian kepada Masyarakat dan Profesor Masuk Desa appeared first on Universitas Padjadjaran.