Rektor, “Selain Kuat di Akademik, Prof. Mochtar Kusumaatmadja Juga Kuat di Karakter”

[Unpad.ac.id, 14/03/2017] Berbagai pemikiran dan gagasan Rektor kelima Universitas Padjadjaran, Prof. Mochtar Kusumaatmadja bukan hanya perlu dipahami dalam kajian akademik , tetapi juga perlu diimplementasikan untuk kebaikan Indonesia dan dunia. Selain memiliki kekuatan dari sisi akademis, sosok Prof. Mochtar juga kuat  dalam hal karakter.

Guru Besar Unpad Prof. Dr. Etty Agoes , Deputi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Arif Havas Oegroseno , dan adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia (1999-2001) Sarwono Kusumaatmadja pada acara Gelar Wicara “Ngaguar Tapak Lacak Pa Mochtar Kusumaatmadja” di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (14/03) (Foto oleh : Tedi Yusup)

Guru Besar Unpad Prof. Dr. Etty Agoes , Deputi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Arif Havas Oegroseno , dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia (1999-2001) Sarwono Kusumaatmadja pada acara Gelar Wicara “Ngaguar Tapak Lacak Pa Mochtar Kusumaatmadja” di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (14/03) (Foto oleh : Tedi Yusup)

Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad saat membuka acara Gelar Wicara “Ngaguar Tapak Lacak Pa Mochtar Kusumaatmadja” di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (14/03). Menurut Rektor, acara ini dapat menjadi bagian dari pembentukan karakter akademik dan kepemimpinan mahasiswa yang terinspirasi dari sosok Prof. Mochtar.

Rektor berpesan, sosok Prof. Mochtar harus dikenang lebih dari segi ketokohan dan gagasannya, tetapi juga dari bagaimana sikap dan karakter pemikirannya. Sosok Prof. Mochtar pun diharapkan dapat menjadi inspirasi dan dorongan bagi setiap insan akademik untuk bersatu serta menjadikan Indonesia lebih baik lagi.

“Apa yang sudah disampaikan dan disumbangkan oleh Prof. Mochtar Kusumaatmadja sebagai salah seorang Rektor Unpad, ini betul-betul tidak cukup hanya dikenang, tetapi juga dapat kita lanjutkan bahkan kita teruskan ke depan, untuk hal yang lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut Rektor mengatakan bahwa Prof. Mochtar merupakan salah seorang tokoh penting dari Pola Ilmiah Pokok Unpad, yaitu Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional. Rektor pun menekankan, bahwa PIP tersebut bukan hanya perlu dipahami, tetapi juga diimplementasikan.

“Agar nilai-niai tersebut dapat terus menginspirasi dan menjadi energi bagi kita,” ujar Rektor.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unpad, Dr. An An Chandrawulan, SH, LLM. Mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut digelar untuk menanamkan kembali nilai-nilai yang ditanamkan Prof. Mochtar Kusumaatmadja, serta menyebarluaskan nilai-nilai tersebut kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

“Prof. Mochtar Kusumaatmadja adalah Guru Besar Hukum Internasional Universitas Padjadjaran, yang tidak hanya mengharumkan nama Unpad, namun juga mengharumkan nama Indonesia,” ujar Dr. An An.

gelar-wicara-mochtar-k
gelar-wicara-mochtar-k-3
gelar-wicara-mochtar-k-4

Pemikiran dari  Prof. Mochtar, khususnya terkait Indonesia sebagai negara kepulauan,  salah satunya adalah konsep Wawasan Nusantara. Menurut Dr. An An, konsep tersebut merupakan salah satu kontribusi besar Prof. Mochtar di level internasional.

Bertindak sebagai pembicara pada kegiatan tersebut adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia (1999-2001) Sarwono Kusumaatmadja yang membahas bidang kebangsaan/politik, Deputi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Arif Havas Oegroseno yang membahas bidang kelautan, dan Guru Besar Unpad Prof. Dr. Etty Agoes yang membahas mengenai bidang pendidikan. Sebagai perwakilan keluarga, turut hadir Guru Besar Unpad, Prof. Armida Salsiah Alisyahbana, S.E., M.A., Ph.D.

Laporan oleh: Artanti Hendriyana/wep

The post Rektor, “Selain Kuat di Akademik, Prof. Mochtar Kusumaatmadja Juga Kuat di Karakter” appeared first on Universitas Padjadjaran.