Rektor Resmikan Koperasi Konsumen Insan Abdi Masyarakat

[Unpad.ac.id, 24/03/2017] Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad meresmikan Koperasi Konsumen Insan Abdi Masyarakat (KK IAM), di Bale Balantik, Jln. Cisangkuy No. 62 Bandung, Jumat (24/03).  Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor, disaksikan oleh Rektor Ketujuh Unpad Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita, M.Sc., dan Ketua Pengurus Koperasi, Dian Masyita, S.E.,M.T.,PhD.

Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad bersama Rektor Ketujuh Unpad Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita, M.Sc., meresmikan Koperasi Konsumen Insan Abdi Masyarakat (KK IAM), di Bale Balantik, Jln. Cisangkuy No. 62 Bandung, Jumat (24/03). (Foto: Tedi Yusup)*

Dalam kesempatan tersebut, Rektor mengatakan bahwa Koperasi Konsumen Insan Abdi Masyarakat ini adalah unit bisnis strategis pertama yang dijalankan Unpad. Landasan pentingnya, adalah melalui koperasi diharapkan kebersamaan Unpad akan semakin terbangun. Koperasi ini bukan hanya akan melibatkan sivitas akademika saja, tetapi juga tenaga pendidikan, alumni, dan pensiunan Unpad.

“Walaupun dalam organisasi, koperasi ini di luar Universitas Padjadjaran. Tapi kami ingin ekspresikan strategic business unit dalam bentuk koperasi ini,” ujar Rektor.

Menurut Rektor, selain sebagai pengamalan kekuatan akademik, pendirian koperasi ini juga sebagai upaya Unpad untuk dapat bermaslahat bagi masyarakat. “Ini akan kami jadikan laboratorium bagi kita, dalam mendorong pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat,” ujar Rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Tata Kelola, Perencanaan, dan Sistem Informasi Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum mengatakan bahwa koperasi ini juga didirikan sebagai bagian dari penataan sumber daya manusia di Unpad. Selain itu, koperasi ini akan menjadi wadah dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki Unpad.

“Berbagai produk atau temuan dari para peneliti, banyak sebetulnya yang bisa kita hilirisasi. Disamping itu juga, dengan Unpad sebagai PTN BH kita perlu korporasi bisnis yang menjadi partner Unpad untuk bisa mengembangkan berbagai aktivitas di lingkungan Unpad untuk bisa bersinergi. Alangkah baiknya kalau sebagai keluarga besar Unpad semua masing-masing bisa mengoptimalkan sumber daya yang kita miliki,” ujar Dr. Sigid.

Dalam sambutannya, Rektor Ketujuh Unpad Prof. Yuyun Wirasasmita mengharapkan bahwa Koperasi Konsumen Insan Abdi Masyarakat dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam rangka membangkitkan kembali dunia koperasi di Indonesia. Koperasi ini pun diaharapkan bukan hanya dijadikan sebagai lembaga ekonomi, tetapi juga lembaga pembelajaran, terutama dalam hal berorganisasi.

“Sebagai (lembaga) bisnis, dan juga sebagai lembaga pembelajaran berorganisasi,” ujar Prof. Yuyun.

Salah satu unit bisnis di bawah bahwa KK IAM adalah The Sixty Two Resto & Lounge. The Sixty Two berlokasi di Bale Balantik, Jln. Cisangkuy No. 62 Bandung, dengan menerapkan konsep restoran yang bersih, makanan yang indah, memiliki rasa makanan yang enak, dan tempat yang nyaman.









Selain The Sixty Two, dibawah koperasi tersebut juga terdapat IAM-MART yakni situs belanja online di http://kkiammart.com yang bertujuan membantu memenuhi kebutuhan barang dan jasa. Selain itu, terdapat juga traveLODGEnius. KK IAM pun memiliki harga yang kompetitif, karena telah bekerja sama dengan sejumlah distributor dan petani.

“Kami bukan koperasi simpan pinjam, sehingga memang perdagangan dan jual beli adalah main business-nya,” ungkap Ketua Pengurus Koperasi Dian Masyita, Ph.D.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana