Rektor Harapkan Wisudawan Unpad Berkontribusi Menjaga Keutuhan Bangsa

[unpad.ac.id., 01/08/2017] Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Unpad dengan kekuatan akademiknya memiliki kontribusi nyata dalam mendukung pembangunan bangsa yang berdaulat dan mampu bersaing dalam pergaulan global dengan menjaga keutuhan dan kemakmuran wilayah nusantara. Untuk mencapai hal tersebut, Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad mengajak seluruh civitas akademika, khususnya para wisudawan Unpad Gelombang IV Tahun Akademik 2016/2017 untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa serta menjaga keutuhan bangsa.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi mendapat ucapan selamat dari Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad pada Wisuda Gelombang IV Tahun Akademik 2016/2017 di Grha Sanusi Hardjadinata, Unpad Bandung, Selasa (1/8). (Foto: Tedi Yusup)

“Saya pesankan kepada para wisudawan, dimanapun Saudara kelak mengabdi, sebagai insan abdi masyarakat, pembina nusa bangsa, jadilah pelopor yang memberi kontribusi dalam pembangunan bangsa serta menjaga keutuhan nusantara,” ujarnya saat menyampaikan sambutan pada acara Wisuda Unpad Gelombang IV Tahun Akademik 2016/2017 di Grha Sanusi Hardjadinata kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (1/8) ini. Kegiatan wisuda gelombang IV ini akan berlangsung hingga Kamis (3/8) mendatang.

Terkait dengan hal tersebut, Rektor menyampaikan bahwa pada Dies Natalis ke-60 Unpad yang akan datang, Unpad kembali berkomitmen dalam memperkuat implementasi konsep keutuhan bangsa melalui konsep wawasan nusantara dengan menyusun berbagai konsep akademik dalam konteks tantangan masa kini. Salah satunya adalah dengan momentum penganugerahan Mochtar Kusuma Atmadja Award. Hal ini bukan saja mengingatkan akan peran dan jasa Mochtar Kusuma Atmadja dalam mengimplementasikan konsep wawasan nusantara, tetapi juga menjadi inspirasi dan motivasi bagi generasi muda untuk menjaga keutuhan bangsa.

Selain itu dalam upaya kontribusi Unpad untuk menjaga alam, khususnya di Indonesia ini, Unpad juga akan menggelar penganugerahan Otto Sumarwoto Award pada Dies Natalis ke-60 Unpad. Sebagai akademisi Unpad, almarhum Otto Sumarwoto sangat berperan dalam bidang ilmu lingkungan sekaligus penggagas konsep Pola Ilmiah Pokok Unpad “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional” bersama Mochtar Kusuma Atmadja.

Berkenaan dengan terobosan akademik yang telah dilakukan Unpad hingga saat ini, Rektor menyampaikan bahwa Unpad telah melakukan berbagai inovasi dan perbaikan tata kelola program akademik. Hal tersebut antara lain dengan memperbaiki pedoman akademik yang memungkinkan mahasiswa tahap sarjana dapat menyelesaikan penulisan skripsi atau tugas akhir lebih cepat dan dapat mengikuti kegiatan KKN lebih awal dengan jadwal yang terbuka sepanjang tahun.

Terobosan lainnya adalah dengan penerimaan mahasiswa program S-3 mulai tahun ini yang hanya dapat dilakukan oleh promotor yang telah memiliki hibah penelitian sehingga mahasiswa S-3 memiliki kepastian dalam menyelesaikan risetnya termasuk terbebas dari biaya risetnya.

“Dengan dukungan dana riset yang disediakan oleh Unpad tahun ini melebihi 100 M serta mengintegrasi kegiatan riset dengan pengabdian kepada masyarakat serta melibatkan peserta didik, diharapkan dapat meningkatkan performa akademik,” ujar Rektor.

Pada kesempatan tersebut,  Rektor melantik 2.370 orang wisudawan yang terdiri dari lulusan Program Diploma-III, Diploma IV, Program Sarjana, Pendidikan Spesialis,  Profesi, Magister dan Doktor. Pada pelaksanaan wisuda sesi pertama, Menteri Pemuda dan Olah Raga RI Imam Nachrawi, turut hadir sebagai wisudawan dari Program Studi Magister Kebijakan Publik. Selain itu, wisudawan penyandang disabilitas dari Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Usep Rohmat turut dilantik pada sesi tersebut.


















Secara khusus Rektor juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik untuk masing-masing jenjang yaitu Vitriana dari Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran untuk Program Doktor; Sartika Sari dari Program Studi Sastra, Fakultas Ilmu Budaya untuk Program Magister;  Stephanie dari Program Studi Kesehatan Gigi Anak, Fakultas Kedokteran Gigi, untuk Program Spesialis; Heny Junita dari Program Studi Ners, Fakultas Keperawatan untuk Program Profesi; Shinta Purnama Sugiana dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi untuk Program Sarjana dan dari  Program Diploma  diraih  oleh  Hilma Nurmalia Sukma dari Program Studi Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Selain itu, penghargaan juga disampaikan kepada wisudawan  tertua  yaitu Wawan Setiawan dari Program Studi  Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dalam usia 60 Tahun 2 Bulan dan wisudawan  termuda adalah Ilham Phalosa Reswara dari Program Studi S1 Psikologi, Fakultas Psikologi dalam usia 19 tahun 6 bulan.

 

Laporan oleh: Marlia

The post Rektor Harapkan Wisudawan Unpad Berkontribusi Menjaga Keutuhan Bangsa appeared first on Universitas Padjadjaran.