Program Studi Sastra Rusia Unpad Jajaki Kerja Sama dengan Universitas Teknik Irkutsh Siberia

Program Studi Sastra Rusia Unpad Jajaki Kerja Sama dengan Universitas Teknik Irkutsh Siberia

Program Studi Sastra Rusia Unpad Jajaki Kerja Sama dengan Universitas Teknik Irkutsh Siberia

Fakultas Ilmu Budaya kembali di kunjungi pengajar dari Luar Negeri, kali ini dari Universitas Teknik Irkutsh Siberia. Universitas penghasil pesawat Sukoi tersebut memberi kuliah umum kepada mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Rusia FIB Unpad mengenai upgrading Bahasa Rusia. Dalam kuliah umumnya Ludmila Gavrilovna Korchagina dan Ekaterina Evqenievna Sherbakova menerangkan mengenai metode pengajaran Bahasa Rusia kepada penutur asing (penutur bahasa Indonesia). Para narasumber menerangkan bahwa perubahan pola pikir atau cara pandang terhadap stuktur bahasa perlu dilakukan oleh mereka yang ingin mempelajari bahasa Rusia. Hal ini dikarenakan bahasa Rusia memiliki rumpun yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Sebagai contoh dalam bahasa Rusia dikenal adanya kasus yang menentukan fungsi kata dalam sebuah kalimat yang berbeda dengan struktur kalimat dalam bahasa Indonesia.

Selama kuliah umum berlangsung para mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Rusia FIB Unpad sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan Ludmila Gavrilovna Korchagina dan Ekaterina Evqenievna Sherbakova sangat takjub dengan penguasaan bahasa Rusia dari para mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Rusia FIB Unpad. Kemampuan berbahasa Rusia ini diperlihatkan oleh para mahasiswa kepada tamu dari Siberia ini di antaranya melalui tanya jawab interaktif selama kegiatan kuliah umum tersebut.

Kegiatan yang berlangsung lebih dari 2 jam ini bermuara pada penjajakan kerjasama antara Prodi Bahasa dan Sastra Rusia FIB Unpad dan Universitas Teknik Irkutsh Siberia. Koorprodi Bahasa dan Sastra Rusia FIB Unpad Supian, M.A. yang ditemui setelah kegiatan menyatakan bahwa kesempatan ini sangat baik baik bagi FIB maupun Universitas Padjadjaran. Koorprodi lulusan Rusia ini juga mengungkapkan selain berkaitan dengan bahasa dan sastra Rusia, Siberia merupakan sebuah negara yang menjadi pusat teknologi khususnya pesawat terbang juga memiliki keunikan alam seperti danau Baikal yang merupakan salah satu danau terbesar di dunia.

Supian berharap pihak Fakultas dan Universitas dapat mendukung hingga terjalinnya kerjasama di antara dua Universitas ini. (rat/JHS)