Program Double Degree PSMIL Unpad-Mie University Kembali Luluskan 2 Mahasiswa

[Unpad.ac.id, 27/03/2017] Kerja sama program Double Degree antara Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Universitas Padjadjaran dengan Mie University pada bidang Sustainable Rural Development and Conservation telah berhasil meluluskan angkatan keempatnya. Program Double Degree yang sudah bergulir sejak 2013 ini didukung program Beasiswa Unggulan BPLKN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Foto bersama wisudawan dan pimpinan Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Unpad, Universitas Sriwijaya, dan Mie University, saat pelaksanaan wisuda di kampus Mie University Jepang, Jumat (24/03) lalu.*

Pada angkatan kali ini, dua mahasiswa PSMIL Unpad, Mohamad Luthfan Awwal dan Bia Benia, serta satu mahasiswa asal Universitas Sriwijaya berhasil menyelesaikan studinya di Graduate School and Faculty of Bioresources Mie University. Luthfan dan Bia terseleksi program Double Degree pada 2015 dan menjalani masa studi selama satu tahun di Mie University.

Dalam rilis yang diterima Humas Unpad, keduanya diwisuda di kampus Mie University pada Jumat (24/03) lalu dan berhak menyandang gelar Master of Science (M.Sc.).

Wisuda ini dihadiri Ketua PSMIL Unpad Sunardi, PhD., dan Guru Besar PSMIL Unpad Prof. Johan Iskandar, M.Sc., PhD.

Sejak dilaksanakan pada 2013, program Duoble Degree PSMIL Unpad-Mie University telah meluluskan 13 orang. Lulusan berhak mendapatkan dua gelar, yakni Master of Science (Mie University) dan Magister Ilmu Lingkungan (Unpad).

Lebih dari itu, sebagian besar alumni program ini juga berhasil mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi di jenjang Doktoral di Graduate School and Faculty of Bioresources Mie University, Jepang dengan dukungan beasiswa penuh (full scholarship) Monbukagakusho dari Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology (MEXT) Pemerintah Jepang.

Dari 13 lulusan, tercatat ada 8 orang, yang melanjutkan studi Doktor di Mie University. Catatan-catatan ini diproyeksikan masih akan terus bertambah mengingat kerjasama ini masih tetap berjalan sampai beberapa tahun mendatang. Ini tentunya mampu menarik minat bagi kandidat-kandidat mahasiswa pada angkatan selanjutnya.*

 

Rilis: Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Unpad/am