Prodi Teknik Pertanian Unpad Jalin Kerja Sama Riset Pengembangan Teknologi Pertanian dengan Yanmar Co., Jepang

[unpad.ac.id, 19/07/2017] Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran bersama perusahaan mesin pertanian asal Jepang, Yanmar Co., Ltd., sepakat menjalin kerja sama riset teknologi pertanian.

Foto bersama pihak program studi Teknik Pertanian FTIP Unpad dengan perwakilan Yanma Co., Ltd., Jepang. Dalam pertemuan tersebut, FTIP Unpad dan Yanma Co., sepakat jalin kerja sama pengembangan teknologi pertanian.*

Kesepakatan tersebut terjalin berdasarkan hasil kunjungan dan Focus Group Discussion yang dilakukan Yanmar Co., Ltd., ke kampus FTIP Unpad, 17 – 18 Juli lalu. Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua yang dilakukan pihak Yanmar  ke FTIP Unpad, setelah kunjungan pertama dilakukan pada 20 – 21 Juni lalu.

Osamu Sugano, Executive Support Association, mengatakan, rencana kolaborasi riset tersebut dilakukan dalam rangka peringatan ulang tahun ke-100 perusahaan Yanmar yang konsisten dalam memproduksi mesin pertanian. Upaya tersebut diwujudkan melalui pembentukan organisasi Yanmar Environmental Sustainability Support Association (YESSA), sebuah organisasi yang bertujuan dalam mewujudkan misi pembangunan berkelanjutan.

“Di satu sisi, kami ingin memberikan dukungan pada riset yang menghasilkan inovasi untuk masa satu abad ke depan. Di sisi lain, kami melihat bahwa FTIP Unpad, khususnya Program Studi Teknik Pertanian, memiliki potensi yang dapat disinergikan guna melaksanakan misi tersebut,” papar Osamu seperti dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Adapun tema riset yang disepakati kedua belah pihak adalah pengembangan desain monitoring kondisi ketersediaan unsur hara dalam tanah berbasis aplikasi telepon seluler untuk mendukung peningkatan produksi tanaman padi. Proyek riset ini disepakati dengan judul “Design of Handphone-based Fertilizer Dosage System for Rice Production”.

Kepala Laboratorium Alat dan Mesin Pertanian FTIP Unpad, Ir. Mimin Muhaemin, M.Eng., Ph.D., menjelaskan, monitoring berbasis aplikasi di telepon seluler dipilih mengingat lingkup penggunanya yang sangat luas, termasuk para petani. Dengan demikian, diharapkan luaran riset ini dapat diterapkan langsung di kalangan petani padi.

Ketua Program Studi Teknik Pertanian FTIP Unpad sekaligus penanggung jawab kolaborasi ini, Handarto, S.TP., M.Agr., Ph.D., menyatakan, kolaborasi FTIP-Yanma diawali dengan jalinan komunikasi kedua pihak pada forum pertemuan tahunan asosiasi keilmuan Perhimpunan Teknik Pertanian (Perteta) selama dua tahun terakhir.

”Kolaborasi ini kami jadikan momentum yang strategis bagi program studi terkait dengan pengembangan kerja sama internasional, khususnya realisasi konsep sinergitas academic-business”, ujar Handarto.

Pihak Yanmar pun memberikan respons positif terhadap judul yang disampaikan. “Kami menyepakati judul tersebut karena reliable dan relevan dengan misi kami. Selain itu, yang paling penting adalah peluang bagi penerapannya yang sangat tinggi sehingga dapat dimanfaatkan oleh kalangan petani,” pungkas Sugano.

Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, Tata Kelola, dan Sumber Daya FTIP Unpad Dr. Gemilang Lara Utama S., S.Pt., M.I.L., yang juga hadir dalam FGD tersebut mengapresiasi atas kepercayaan pihak Yanmar Co., Ltd. kepada FTIP Unpad. Ia pun berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang begitu besar bagi semua pihak.*

Rilis: Prodi Teknik Pertanian FTIP Unpad/am

The post Prodi Teknik Pertanian Unpad Jalin Kerja Sama Riset Pengembangan Teknologi Pertanian dengan Yanmar Co., Jepang appeared first on Universitas Padjadjaran.