Persiapan Mencari Co-Founder dalam Workshop Lanjutan Program Akselerasi Hilirisasi Produk Riset dan Kewirausahaan (AKSI)

[unpad.ac.id, 9/05/2017] Direktorat Kerja Sama dan Korporasi Akademik Unpad bekerja sama dengan Pusat Inkubator Bisnis Unpad kembali mengadakan workshop yang dilakukan dalam rangkaian Program Akselerasi Hilirisasi Produk Riset dan Kewirausahaan (AKSI) di Bale Motekar, Jln. Banda No 40 Bandung, 29 April 2017 lalu.  Workshop lanjutan dari total tiga belas rangkaian program AKSI ini berfokus dalam persiapan mencari co-founder bagi para peneliti/pemegang produk hasil penelitian di Unpad.

Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Dr. Dwi Purnomo, S.TP., MT. pada acara workshop Pembuatan HKI bagi pengembangan 60 produk korporasi akademik di Bale Motekar, Jl. Banda No 40 Bandung pada Rabu, (15/4). *

Dalam persiapan mencari co-founder, setiap pemegang produk dibagikan dokumen yang berisi deskripsi produk oleh masing-masing fasilitator workshop yang berasal dari Daily Ideas, terdiri dari sekelompok tim penyedia jasa desain. Lalu, fasilitator workshop mentransformasikan dokumen tersebut menjadi visualisasi menarik yang bertujuan agar banyak pihak tertarik untuk bergabung menjadi co-founder produk hilirisasi Unpad.

Hasil olahan data pada tahap persiapan ini akan ditindaklanjuti pada acara Workshop berikutnya yaitu “Mencari Co-Founder” pada 20 Mei 2017 mendatang yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. “Diharapkan pada momen tersebut, riset setiap produk Unpad dapat bangkit dan berkontribusi bagi negara,” kata Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Dr. Dwi Purnomo, S.TP., MT.

Workshop Pembuatan Hak Kekayaan Intelektual

Untuk melindungi produk hasil penelitian dari pembajakan, pemilik produk diharapkan memiliki Hak Kekayaan Intelektual. Atas dasar itu, Direktorat Kerja Sama dan Korporasi Akademik Unpad bekerja sama dengan Pusat Inkubator Bisnis Unpad dan BNI menggelar workshop Pembuatan HKI bagi pengembangan 60 produk korporasi akademik di Bale Motekar, Jl. Banda No 40 Bandung pada Rabu, 15 April 2017 lalu.

Dr. Dwi Purnomo mengatakan bahwa pendampingan ini sangat penting dalam melindungi produk secara hukum. Setelah mengetahui prosedur kepemilikan HKI, pemilik produk dapat mendaftarkan sendiri produknya atau mempercayakan pengurusannya pada Unpad.






Pelaksanaan workshop didampingi oleh sejumlah dosen dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, diantaranya adalah Dr. U. Sudjana, S.H., M.Si, Dr. Rika Ratna Permata, S.H., M.H, Dr. Sudaryayt, S.H., M.H, Dr. Muhamad Amirulloh, S.H., M.H, dan Helitha Novianty Muchtar, S.H., M.H.

Workshop ini merupakan salah satu rangkaian dari sejumlah workshop yang dilaksanakan khusus untuk mengembangkan Korporasi Akademik yang ada di Unpad. Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan layanan yang lebih baik, baik kepada sivitas akademika Unpad maupun kepada masyarakat umum.*

Rilis oleh Direktorat Kerja Sama dan Korporasi Akademik Unpad/ art

The post Persiapan Mencari Co-Founder dalam Workshop Lanjutan Program Akselerasi Hilirisasi Produk Riset dan Kewirausahaan (AKSI) appeared first on Universitas Padjadjaran.