Mencengangkan! 9 Fakta Pembunuhan Kim Jong-nam

Kasus pembunuhan Kim Jong-nam libatkan WNI (Sumber: Istimewa)

Pembunuhan Kim Jong-nam, saudara tiri Korea Utara, Kim Jong-un, membuat publik Indonesia tercengang. Bagaimana tidak, seorang Warga Negara Indonesia terlibat menjadi salah satu pembunuh anak tertua dari mantan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il. Ini lah fakta mengejutkan tentang pembunuhan yang diduga kuat terencana:

1. WARGA INDONESIA TERLIBAT PEMBUNUHAN
Siti Aisyah, WNI yang diduga pembunuh Kim Jong-nam merupakan warga Serang Banten. Paspornya dikeluarkan imigrasi Jakarta Barat, kemungkinan besar karena Siti Aisyah sempat tinggal di Gang Kacang, Kelurahan Angke, Tambora, Jakarta Barat.

Paspor Siti Aisyah (Sumber: Istimewa)

2. ANAK TERTUA KIM JONG-IL
Kom Jong-nam merupakan anak hasil pernikahan tak resmi antara Kim Jong-il dengan Song Hye-rim, ia pernah belajar di Jenewa, Swiss selama sembilan tahun. Kim Jong-nam sempat digadang-gadang menjadi pengganti ayahnya sebagai Pemimpin Korea Utara.

Song Hye-rim, ibu Kim Jong-nam, istri tak resmi Kim Jong-il (Sumber: Dailymail)

Kim Jong-nam dan ayahnya, Kim Jong-il

3. KASUS DISNEYLAND JEPANG
Pernah ditangkap Mei 2001 karena kasus paspor palsu di Bandara Narita, Jepang. Karena itu sang ayah merasa malu dan menghukum putranya, sejak itu ia hidup nomaden di pengasingan, terakhir menetap di Makau.

Kim Jong-nam semasa hidup, dikenal trendi dan pemikiran modern (Sumber: Istimewa)

4. MASIH PAKAI PASPOR PALSU
Saat hari kematiannya, Jong-nam pun memakai nama samaran Kim Chol dengan paspor palsu, ia hendak terbang ke Makau melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Rekaman CCTV KLIA sesaat sebelum dibunuh (Sumber: Istimewa)

5. WANITA BERKAOS “LOL”
Selain Siti Aisyah, ada wanita Vietnam, Doan Thi Huang yang mengenakan kaos LOL dan sempat heboh di media sosial karena kaos “LOL”-nya

6. DIBUNUH AGEN KOREA UTARA?
Selain dua perempuan tersebut, diyakini pembunuh sebenarnya merupakan agen bayaran Korut, empat orang masih menjadi buron kepolisian Malaysia.

Tersangka yang diduga membunuh Kim Jong-nam (Sumber: Istimewa)

7. RACUN, 1200 KALI LEBIH KUAT DARI SIANIDA?
Racun yang digunakan untuk membunuh Jong-nam diduga kuat Risin, senyawa kimia beracun ini lebih mematikan daripada Sianida. Ada pula dugaan Tetrodotoksi, racun yang ada dala hati ikan buntal, dampaknya 1200 kali daripada racun sianida.

Kronologis pembunuhan yang dirilis media Jepang (Sumber: Istimewa)

8. MEMINTA PEMIMPIN KORUT TAK MEMBUNUHNYA
Berdasarkan informasi yang dirilis Reuters, sebelumnya, Jong-nam pernah menulis surat kepada adiknya Kim Jong-un, ia meminta agar perintah pembunuhan terhadap dirinya dicabut.

Kim Jong-nam & Kim Jong-un (Sumber: Istimewa)

9. PANDANGAN TENTANG REZIM KIM JONG-UN
Dalam catatan wartawan Jepang Yoji Gomi yang menulis buku biografi Kim Jong Nam pada 2012. Jong-nam menyatakan, “Kim Jong Un masih dipandang namanya saja, sementara elite penguasa lain yang sesungguhnya memegang kekuasaan. Dinasti kekuasaan menjadi lelucon di dunia luar,” kata dia. Nam menambahkan, “Rezim Kim Jong Un tidak akan abadi. Tanpa reformasi, Korea Utara akan ambruk, dan ketika peluang seperti itu terjadi, rezimnya akan ambruk.”

Hasil rekaman CCTV sesaat sebelum meninggal (Sumber: Istimewa)

The post Mencengangkan! 9 Fakta Pembunuhan Kim Jong-nam appeared first on Visualogy.