Mahasiswa FMIPA Unpad Raih 6 Perak dan 1 Perunggu di Ajang Mag-Day 2017

[unpad.ac.id, 9/05/2017] Delegasi mahasiswa Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran meraih 6 perak dan 1 perunggu di Mathematical Analysis dan Geometry Day (MaG Day) 2017 di kampus Institut Teknologi Bandung, 29 April 2017 lalu. Pada kompetisi tersebut, delegasi Unpad terdiri dari 10 mahasiswa yang tergabung dalam 5 tim.

Delegasi mahasiswa Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran yang meraih 6 perak dan 1 perunggu di Mathematical Analysis dan Geometry Day (MaG Day) 2017 di kampus Institut Teknologi Bandung, 29 April 2017 lalu. (Foto: Tedi Yusup)*

Mahasiswa Unpad yang meraih medali perak dalam kompetisi tersebut adalah Dely Ismail, Alvin Willio, Indra Herdiana, Andri Purnama Ramadan, Nasihul Hisan, dan Audi Luqmanul H.A. Sementara medali perunggu diraih oleh Rinaldi Wilopo.

“Senang dapat ikut nyumbang prestasi untuk Unpad. Ini juga berkat dukungan dari semua pihak, termasuk program studi, teman-teman, dan himpunan,” ungkap Alvin saat ditemui di Ruang Humas Unpad, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Selasa (9/05).

MaG-Day merupakan sebuah kompetisi pemecahan masalah analisis dan geometri yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi ini terdiri dari babak penyisihan dan final. Di babak penyisihan, para peserta diminta untuk mengerjakan soal secara individu selama 120 menit.

Selain ada penilaian secara individu, penilaian juga dilakukan sebagai tim dimana dalam satu timnya terdiri dari 2 orang. Lima tim dengan nilai tertinggi, maju sebagai finalis. Tahun ini, peringkat tim tertinggi dari Unpad berhasil diraih Dely dan Indra dengan menduduki peringkat ketujuh.

Meski tahun ini tidak ada tim Unpad yang maju sebagai finalis, para delegasi Unpad mengaku bangga karena prestasi mereka di kompetisi tersebut terus meningkat di setiap tahunnya. Di Mag Day 2016, Unpad meraih 2 perak dan 1 perunggu.

“Selain ada kebanggaan juga ada kekecewaan, karena harapannya tahun ini ada yang meraih emas dan masuk final,” ungkap Dely.

Sebelum mengikuti kompetisi, seleksi internal dilakukan di FMIPA Unpad untuk menjaring sepuluh mahasiswa terbaik yang berhak mewakili Unpad di Mag Day 2017. Sepuluh orang terpilih ini pun melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi kompetisi, termasuk latihan mengerjakan soal-soal di bawah bimbingan dosen FMIPA Unpad, Firdaniza , Dra., M.Si.

“Saya harap tahun depan prestasi kita lebih baik lagi. Bisa dapat emas dan masuk final, dan mudah-mudahan bisa juara,” harap Hisan.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

 

The post Mahasiswa FMIPA Unpad Raih 6 Perak dan 1 Perunggu di Ajang Mag-Day 2017 appeared first on Universitas Padjadjaran.