Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Unpad Raih Dua Juara di Malaysia

[Unpad.ac.id, 28/04/2017] Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran meraih prestasi di Geoscience Industrial Week 2017 yang diselenggarakan University of Malaya, Malaysia pada 18-20 April 2017 lalu. Pada kompetisi tersebut, delegasi FTG Unpad meraih juara I Oil Rig Design Competition dan juara II Geoquiz.

Delegasi Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Unpad yang meraih prestasi di Geoscience Industrial Week 2017 University of Malaya, Malaysia pada 18-20 April 2017 lalu. (Foto: Tedi Yusup)*

Delegasi FTG Unpad yang mengikuti Oil Rig Design Competition adalah Grida Viantiska Aprilia,Fauzan Luqman, Akbar Sujatmoko, Anggita Fitri  Anatiyo Pamuji, dan Inayah Chaerunnisa. Sementara tim yang meraih juara II Geoquiz terdiri dari Sukja Fajria Sa’adah, Rizki Satria, dan Dian Rahma Yoni.

“Kami sebetulnya tidak menyangka mendapat juara I. Kami sih memang  berharap disana dapat gelar juara, mau juara berapapun yang penting meraih gelar juara. Tapi waktu pengumuman kami dapat juara I, enggak menyangka juga sebenarnya,” ungkap Fauzan saat ditemui beserta tim di Ruang Humas Unpad, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Kamis (27/04).

Di kompetisi ini, para peserta diminta untuk membuat model oil rig, yakni sebuah instalasi untuk melakukan pengeboran minyak. Dalam kompetisi tersebut, para peserta diminta untuk membuat model oil rig dalam waktu 2 jam dengan menggunakan bahan yang telah disiapkan oleh panitia. Setelah itu, peserta pun diminta untuk mempresentasikan karyanya, disertai dengan tes apung dan tes beban.

Pada Oil Rig Design Competition , tim FTG Unpad merupakan satu-satunya tim yang berasal dari Indonesia. Oil Rig Design Competition diikuti oleh 9 tim, yaitu  Universitas Padjadjaran (Indonesia) 1 tim, Universitas Teknologi Malaysia (1 tim), Universiti Kebangsaan Malaysia (2 tim), Universiti Sains Malaysia (2 tim), Universiti Teknologi Malaysia (1 tim), dan Universiti Malaysia Kelantan (2 tim).

Sementara pada Geoquiz, FTG Unpad harus mengakui keunggulan tim Universitas Gadjah Mada sebagai juara pertama. Pada mata lomba ini,  FTG Unpad mengirimkan 2 tim untuk berlaga. Geoquiz sendiri diikuti oleh 12 tim dari Indonesia dan Malaysia.

Pada Geoquiz, para peserta diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan terkait Ilmu Geologi, mulai dari ilmu dasar hingga terapan. Sejumlah pertanyaan tersebut harus dijawab peserta secara tepat dan cepat. Kompetisi ini sendiri terdiri dari 2 babak, meliputi preliminary dan babak final.

“Jadi enggak menyangka juga sebenarnya. Awalnya kami ada di peringkat paling bawah, waktu baru mulai lombanya. Namun lama kelamaan bisa naik, sampai akhirnya bisa di peringkat satu waktu di preliminary. Waktu final, meski belum bisa juara I, tapi Alhamdulillah bisa juara II,” ungkap Rizki.


Sebelum mengikuti kompetisi, para mahasiswa FTG ini melakukan persiapan selama sekitar  satu bulan. Sebelumnya, seleksi internal pun dilaksanakan untuk memilih siapa saja mahasiswa yang berhak mewakili Unpad di Geoscience Industrial Week 2017.

Dengan meraih prestasi tersebut, mereka pun berharap dapat semakin membawa nama harum Unpad, khususnya Fakultas Teknik Geologi di kancah internasional. Diharapkan, prestasi ini juga dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus berkarya.

“Dari pengalaman yang saya dapat dengan teman-teman disini, sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin. Kalau misalnya kita mau, ada target dan tujuan, ada harapan, ada mimpi kita akan menemukan jalan untuk kesana. Asalkan kita mau mencoba. Intinya, coba semua kesempatan yang kita punya, karena kita enggak tahu kesempatan mana yang berbuah manis,” pesan Akbar.

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Unpad Raih Dua Juara di Malaysia appeared first on Universitas Padjadjaran.