Lima Mahasiswa Unpad Ikuti KKNM Kebangsaan 2017 di Gorontalo

[unpad.ac.id, 18/07/2017] Lima mahasiswa Universitas Padjadjaran akan mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) Kebangsaan 2017. Kelima mahasiswa tersebut bersama mahasiswa lain di seluruh Indonesia akan melaksanakan KKNM selama sebulan di beberapa wilayah di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Lima mahasiswa peserta KKNM Kebangsaan 2017 saat berfoto bersama dengan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., dan Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (18/07). (Foto: Tedi Yusup)*

Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad, Prof.  Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., mengatakan, KKNM Kebangsaan merupakan program nasional yang digagas Kemenristekdikti sebagai media implementasi keilmuan mahasiswa di masyarakat. Pada tahun ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Universitas Negeri Gorontalo ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan KKNM.

“Unpad mendapat kehormatan menjadi salah satu perguruan tinggi yang diundang untuk mengikuti KKNM Kebangsaan,” kata Prof. Reiza usai melepas mahasiswa Unpad peserta KKNM Kebangsaan di Jatinangor, Selasa (18/07).

Peserta KKNM Kebangsaan tahun ini diikuti 300 mahasiswa dari PTN maupun PTS yang dipilih Kemenristekdikri. Setiap perguruan tinggi dibatasi mengirimkan lima mahasiswa. Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya ini menjelaskan, pemilihan mahasiswa peserta di Unpad melalui seleksi yang didasarkan pada kemampuan akademik dan pengalaman di aktivitas kemahasiswaan.

KKNM Kebangsaan tahun ini mengangkat tema besar “Merajut Tali Kebangsaan Melalui Penerapan Program Konservasi Lingkungan, Kedaulatan Pangan Berbasis Pemberdayaan”. Tema ini, menurut Prof. Reiza, selaras dengan perhatian Unpad melalui Pola Ilmiah Pokok “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”.

“Karena memiliki banyak kesesuaian, kami juga memberikan kepada teman-teman mahasiswa agar mereka tentunya menyadari betul kondisi relasi-relasi yang dekat dengan kita,” kata Prof. Reiza.

Melihat adanya relasi, Prof. Reiza pun mendorong para mahasiswa Unpad agar memahami identitas dan potensi diri, serta memahami potensi wilayah lokasi KKNM. Ini dilakukan agar program kerja yang akan dilaksanakan tidak hanya berkontributif bagi pengembangan wilayah, tetapi juga meningkatkan prestasi universitas.

Pelaksanaan KKNM Kebangsaan ini akan dimulai pada 23 Juli hingga 23 Agustus mendatang. Pihak tuan rumah sendiri memiliki beberapa rencana program kerja yang didasarkan pada implementasi tema besar KKNM Kebangsaan. Saat di lapangan, rencana program tersebut juga dimatangkan melalui program-program yang digagas para mahasiswa.

“Kami sudah tekankan pada mahasiswa untuk membuat program sesuai dengan kapasitas keilmuan dan kompetensi yang dimiliki dan linear dengan tema besar KKNM,” kata Prof. Reiza.

Usai menjalani KKNM, mahasiswa menulis dua artikel. Artikel pertama merupakan artikel untuk dimuat di media massa nasional tentang reportase selama mengikuti KKNM. Artikel kedua merupakan artikel ilmiah untuk dipublikasikan minimal di jurnal ilmiah nasional.

“Selain artikel, mereka juga membuat video yang terkait dengan KKNM Kebangsaan dan diviralkan,” kata Prof. Reiza.*

Laporan oleh Arief Maulana

The post Lima Mahasiswa Unpad Ikuti KKNM Kebangsaan 2017 di Gorontalo appeared first on Universitas Padjadjaran.