Jumlah Pendaftar SBMPTN 98.697, Unpad Terima 3.665 Calon Mahasiswa

[unpad.ac.id, 13/06/2017] Universitas Padjadjaran kembali menjadi PTN dengan jumlah pendaftar terbanyak se-Indonesia pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017. Dalam seleksi tersebut, sebanyak 98.697 peserta mendaftar ke Unpad, sedangkan jumlah yang diterima sebanyak 3.665 peserta.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A. (Foto: Tedi Yusup)*

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., mengatakan, jumlah peserta yang diterima lebih banyak dibanding jumlah daya tampung Unpad pada SBMPTN yang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu 3.540. Penambahan ini didasarkan pada banyaknya jumlah peserta memiliki nilai rataan yang bagus.

“Ada beberapa peserta yang mendaftar ke prodi memiliki sebaran nilai yang bagus. Sayang kalau tidak dimasukkan,” ujar Dr. Arry saat diwawancarai Humas Unpad, Selasa (13/06).

Hasil nilai ini menjadikan Unpad menduduki peringkat keenam PTN dengan nilai rataan tertinggi untuk kelompok Saintek, dan peringkat keempat PTN dengan rataan tertinggi untuk kelompok Soshum. Program studi Pendidikan Dokter menjadi prodi dengan nilai rataan tertinggi di Unpad, yaitu 836 dari passing grade yang ditentukan sebesar 701.

Lebih lanjut Dr. Arry mengatakan, untuk kelompok Saintek, prodi Teknik Informatika menjadi prodi dengan tingkat keketatan tertinggi di Unpad, yaitu 1:90. Prodi ini memiliki jumlah pendaftar sebesar 3.773 orang, sedangkan daya tampung prodi sebesar 42 orang, atau sekitar 1,11% dari jumlah keseluruhan pendaftar.

Selanjutnya, prodi kelompok Saintek dengan tingkat keketatan tertinggi yaitu Pendidikan Dokter, Teknik Elektro, Farmasi, Psikologi, Teknologi Pangan, Kedokteran Gigi, Teknologi Industri Pertanian, Ilmu Kelautan, dan Agribisnis.

Sementara pada kelompok Soshum, prodi dengan keketatan tertinggi jatuh pada Ilmu Komunikasi, yaitu sebesar 1: 69. Prodi ini memiliki jumlah pendaftar sebesar 4.937 orang, dengan daya tampung sebesar 72 orang.

Prodi selanjutnya yaitu Manajemen, Televisi dan Film, Administrasi Bisnis, Akuntansi, Hubungan Internasional, Manajemen Komunikasi, Administrasi Negara, Kesejahteraan Sosial, dan Ilmu Pemerintahan.

Apabila sudah dinyatakan diterima ke Unpad, Dr. Arry mengimbau agar peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini. “Jangan sampai di kepalanya ada keinginan untuk mundur, karena (untuk mendapatkan) satu kursi di Unpad ini perjuangannya luar biasa,” kata Dr. Arry.

Selain itu, peserta juga harus melengkapi kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan pada saat registrasi mendatang. Jangan sampai peserta luput registrasi gara-gara persyaratan tidak lengkap. Persyaratan dokumen sendiri ditetapkan pada saat pengisian biodata online sebelum proses registrasi administratif.

“Baca baik-baik dan lengkap semua pengumuman tentang registrasi. Informasi resmi hanya di laman resmi Unpad,” kata Dr. Arry.*

 

Laporan oleh Arief Maulana

The post Jumlah Pendaftar SBMPTN 98.697, Unpad Terima 3.665 Calon Mahasiswa appeared first on Universitas Padjadjaran.