Ini Kunci Agar Artikel Ilmiah dapat Dipublikasikan di Jurnal Bereputasi Internasional

[Unpad.ac.id, 22/03/2017] Joe Ng dari Cambridge University Press memberikan kiat-kiat kepada civitas academika Unpad mengenai bagaimana suatu artikel ilmiah dapat dipublikasikan di jurnal bereputasi internasional. Kiat-kiat tersebut disampaikan Joe Ng pada acara “How to Publish in International Journals” yang digelar Direktorat Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan Unpad di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, Rabu (22/03).

Joe Ng dari Cambridge University Press pada acara “How to Publish in International Journals” yang digelar Direktorat Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan Unpad di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, Rabu (22/03). (Foto: Artanti Hendriyana)*

Joe Ng dari Cambridge University Press pada acara “How to Publish in International Journals” yang digelar Direktorat Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan Unpad di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, Rabu (22/03). (Foto: Artanti Hendriyana)*

Kiat-kiat yang diberikan Joe Ng mulai dari teknik penulisan, membuat ilustrasi, hingga memilih jurnal ilmiah. Ia pun menekankan untuk menjaga orisinalitas dan menghindari plagiarisme. Menurutnya, plagiarisme ini dapat terdeteksi oleh para editor jurnal melalui aplikasi mesin pencari yang mereka gunakan. Artikel yang terbukti plagiat tentu tidak akan dimuat oleh jurnal manapun, karena juga akan membahayakan eksistensi jurnal itu sendiri.
“Banyak mesin pencarian untuk mengecek apakah artikel tersebut mengandung plagiarisme atau tidak,” ujar Joe Ng, selaku Acquistions Editor for Law and Social Sciences Economics, Management, and Public Policy at Cambridge University Press.
Dari segi teknik penulisan, Joe Ng menjelaskan bahwa penulisan artikel ilmiah haruslah jelas, mudah dimengerti, dan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar. Artikel pun harus disusun dengan baik sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
Dalam memilih jurnal pun ada kiat tersendiri. Joe Ng menyarankan, agar terlebih dahulu memahami jurnal yang akan diutuju, seperti ranking, tipe artikel, tipe pembaca, hingga orang-orang yang ada di balik jurnal tersebut.
Selain itu, untuk menghindari penolakan di awal, penulis juga sebaiknya menghindari beberapa hal, seperti Bahasa Inggris yang buruk, topik yang tidak sesuai, atau hasil penelitian yang tidak jelas. Di abstrak, penting juga ditegaskan mengenai pentingnya artikel ilmiah yang kita tulis untuk diketahui pembaca.
“Tulis abstrak yang jelas dan informatif,” tegas Joe Ng.
Acara ini dibuka oleh Direktur Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A-K, M.Kes.dan dimoderatori oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad, Diana Sari, SE.,M.Mgt., PhD.
Dalam sambutannya, Prof. Budi memaparkan mengenai pentingnya publikasi ilmiah bagi para mahasiswa dan dosen. Bagi dosen misalnya, publikasi ilmiah akan berpengaruh pada kenaikan jabatan akademik atau pangkat, serta tunjangan. Kewajiban publikasi ilmiah juga dimiliki oleh para mahasiswa, mulai dari jenjang S-1 hingga S-3.
Laporan oleh: Artanti Hendriyana/am

The post Ini Kunci Agar Artikel Ilmiah dapat Dipublikasikan di Jurnal Bereputasi Internasional appeared first on Universitas Padjadjaran.