Huawei-Unpad Bagi Perkembangan Teknologi Informasi kepada Mahasiswa

[unpad.ac.id, 23/05/2017] Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Huawei menggelar Huawei-Unpad Tech Day “SmartGen: The Future of Internet of Things” di Ruang Serba Guna Lantai 4, Gedung 2, Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (23/05). Acara ini menghadirkan sejumlah pakar, praktisi, dan peneliti, untuk berbagi pengetahuan kepada mahasiswa Unpad mengenai perkembangan terkini di bidang teknologi informasi.

Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad saat membuka gelaran Huawei-Unpad Tech Day “SmartGen: The Future of Internet of Things” di Ruang Serba Guna Lantai 4, Gedung 2, Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (23/05). Acara ini menghadirkan sejumlah pakar, praktisi, dan peneliti, untuk berbagi pengetahuan kepada mahasiswa Unpad mengenai perkembangan terkini di bidang teknologi informasi. (Foto: Tedi Yusup)*

Acara dibuka oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad. Dalam sambutannya, Rektor mengungkapkan peran penting generasi muda terhadap berbagai tantangan di masa yang akan datang, terutama di bidang teknologi informasi. Ia pun menekankan bahwa yang terpenting bukan hanya penguasaan teknologi informasi, melainkan bagaimana implementasinya di masyarakat dalam menjawab tantangan sosial yang ada.

“Sekarang permasalahan terbesar sebetulnya bukan di aspek teknologi, bukan di aspek teknis. Permasalahan besar kita alami di aspek sosial, non teknis. Sehingga ini pentingnya, peran kita, peran Unpad sebagai perguruan tinggi yang memang memiliki keunggulan di aspek ilmu-ilmu ini harus bisa memadukan kekuatan teknologi informasi diimplementasikan dengan tantangan sosial yang ada,” kata Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengungkapkan, sangat penting untuk memahami berbagai tantangan sosial yang ada. Berbagai pemahaman di aspek sosial juga dapat menjadi inspirasi terhadap perkembangan teknologi informasi. “Bukan tidak mungkin, pemahaman kita terhadap berbagai permasalahan sosial inilah yang menginspirasi, teknologi informasi yang seperti apa yang sebetulnya diperlukan,” ujar Rektor.

Terkait hal tersebut, Rektor juga menekankan mengenai arti pentingnya kolaborasi antar bidang ilmu. Para mahasiswa diharapkan dapat memperluas jejaring dengan para mahasiswa lain dari berbagai bidang ilmu.

“Disamping berkomunikasi dengan teman-teman lain, juga hadir langsung di tengah-tengah masyarakat,” ujar Rektor.

Dengan demikian, Rektor pun berharap bahwa lulusan Unpad bukanlah lulusan biasa. Lulusan Unpad harus dapat menjadi pemimpin, dan dapat mengembangkan potensi daerah dengan langsung terjun ke tengah masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa mendapat berbagai informasi dari sejumlah pembicara, yaitu Deputy Director National ICT Strategy & Business Development Huawei Indonesia Arri Marsenaldi, Head of Expansion and Partnership EV Hive M. Harya, serta Sales Director Huawei Devis Indonesia Lo Khing Seng.

Selain itu, dari Unpad juga dilakukan presentasi mengenai Center of Biometrics, Robotics, and Artificial Intelligence Support IoT dari Dr. Asep Sholahuddin, Rancangan Aplikasi Berbasis Android untuk Monitoring Lahan Pertanian Bawang Merah melalui Arduino Uno dari Aini Novianty, dan Pendeteksi Umbalan Guna Mengatasi Kematian Ikan Secara Massal pada Kolam Jaring Apung dari Aldo Wista Fadhilah.

Dalam kesempatan tersebut, Director Public Affairs and Communication PT Huawei Tech Investment, Selina Wen mengungkapkan bahwa perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara hidup dan cara bekerja. Diharapkan, acara ini dapat menjadi bekal bagi maahsiswa dalam penguasaan teknologi informasi.

“Mudah-mudahan kegiatan ini juga dapat mengawali kerja sama antara Unpad dan Huawei , dan kedepannya kerja sama ini dapat ditingkatkan dan diperluas,” harapnya.

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

The post Huawei-Unpad Bagi Perkembangan Teknologi Informasi kepada Mahasiswa appeared first on Universitas Padjadjaran.