Hadapi Persaingan Global, Mahasiswa Harus Miliki Daya Saing Digital

[Unpad.ac.id, 20/10/2017] Persaingan global menuntut semua orang memiliki kompetensi yang tinggi dalam berbagai bidang. Oleh karena itu, Universitas Padjadjaran senantiasa membekali para mahasiswanya dengan berbagai kompetensi dan memberi berbagai peluang untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih unggul di masa depan.

Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A. Tachrir saat menjadi pembicara pada acara IndonesiaNEXT 2017 di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Jumat (20/10). (Foto: Safa Annisaa)

“Tahun-tahun ke depan tantangan akan menjadi lebih besar. Untuk itu kami ingin memberi peluang-peluang yang lebih baik kepada para mahasiswa agar menjadi generasi yang mempunyai kualitas yang lebih andal,” ujar Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad saat membuka acara IndonesiaNEXT 2017 di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Jumat (20/10).

Rektor mengatakan bahwa hari-hari ke depan kita akan menghadapi berbagai kompetisi untuk memberi kontribusi yang lebih baik. Oleh karena itu kita harus bekerja lebih keras  dengan mengasah kemampuan kita lebih optimal. Saat ini di perguruan tinggi masih lebih banyak yang memiliki kemampuan akademik konservatif. Padahal, untuk dapat menghasilkan lebih banyak maslahat kepada masyarakat, dibutuhkan kemampuan yang lebih.

“Perguruan tinggi cenderung terkungkung oleh batasan akademik. Dengan adanya reformasi pendidikan, perguruan tinggi dituntut untuk membuka diri dan membangun sikap keterbukaan, jaringan dan bekerja bersama-sama,” ujar Rektor.

Senada dengan Rektor Unpad, Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A. Tachrir yang menjadi pembicara saat itu mengatakan bahwa para mahasiswa saat ini harus lebih mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk masa depannya. Dengan revolusi ekonomi saat ini, salah satu yang harus dipersiapkan adalah bersaing dalam era digital.

“Kita harus bisa membangun digital competitiveness.  Salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity),” ujar alumni Fakultas Hukum Unpad ini.

Program IndonesiaNEXT 2017 ini merupakan acara yang diselenggarakan atas kerja sama Unpad dengan Telkomsel sebagai program edukasi yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dengan mengikuti sertifikasi standar International yang diverifikasi oleh Microsoft dan Adobe. Tidak hanya itu, para peserta akan mendapat Communication Skills Training yang dapat meningkatkan kepercayaan diri serta wawasan dalam menghadapi persaingan global. Selain di Unpad, program IndonesiaNEXT 2017 ini akan dilaksanakan di Institut Teknologi Bandung (ITB), Telkom University dan Universitas Maranatha.*

 

Laporan oleh Marlia

 

 

 

 

 

The post Hadapi Persaingan Global, Mahasiswa Harus Miliki Daya Saing Digital appeared first on Universitas Padjadjaran.