Gelar ‘Sir’ Orang Indonesia Lebih Elit dari Beckham

sir-azyumardi-azraAzyumardi Azra adalah putra Indonesia asli kelahiran Padang Pariaman, Sumatera Barat 61 tahun silam. Pencapaiannya dalam dunia ilmu pengetahuan islam dan menjadi tokoh pembentuk UK-Indonesia Islamic Advisory Group (UK-Indonesia AIG), membawanya mendapat gelar elit dan bergengsi dari Kerajaan Inggris.

Pada 28 September 2010, ia mendapat gelar Commander of the Order of British Empire (CBE) atau Panglima Kerajaan Inggris dari Ratu Elizabeth. Melalui duta besar Inggris di Indonesia saat itu, Azra menjadi satu-satunya orang diluar negara Persemakmuran yang mendapat gelar tersebut. Bahkan, gelar ini disebut lebih bergengsi dan elit dibanding gelar Officer of the Order of British Empire (OBE) yang disandang pemain asal Inggris David Beckham. Pencapaian gelar bergengsi itu tak terlepas dari perannya sebagai co-chairman lembaga UK-Indonesia AIG, yang bertugas meningkatkan kepahaman Islam diantara kedua negara.

Dengan gelarnya ini, Direktur Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini berhak menyandang gelar Sir di depan namanya, bebas masuk-keluar Inggris tanpa Visa dan berhak dimakamkan di Inggris Raya.

The post Gelar ‘Sir’ Orang Indonesia Lebih Elit dari Beckham appeared first on Kabar Diaspora.