Ganjar Nugraha, Prestasi Sepakbola tak Lepas dari Komunikasi

BANDUNG – Prestasi yang diraih Persib sebagai salah satu klub profesional, bukan hanya dicapai karena penguasaan teknik sepakbola, tetapi ada hal lain yang ikut andil, yakni Komunikasi yang dilakukan Persib, baik komunikasi internal maupun komunikasi dengan pihak eksternal.

Mantan Pemain Persib tahun 80-an, Ganjar Nugraha mengungkapkan hal itu ketika mempertahankan disertasinya yang berjudul “Komunikasi dalam Industri Sepakbola Indonesia” dalam sidang terbuka promosi Doktor Ilmu Komunikasi di Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Fikom Unpad, Jumat (27/1).

Ganjar dipromotori oleh Prof.Dr.Engkus Kuswarno,MS, Dr.Eni Maryani,MSi dan Dr.Betty RFS Soemirat, MS (Alm). Bertindak sebagai oponen ahli Dr.Dadang Rahmat Hidayat Ssos,SH,MSi, Dr Siti Karlinah MSi dan Dr Yunyun Yudia MPd, mantan Dekan FPOK UPI Bandung.  Sebagai representasi guru besar Prof Deddy Mulyana,MA,PhD.

Menurut Ganjar, komunikasi yang baik dengan berbagai pihak akan meningkatkan prestasi klub. Interaksi antar pemain menjadi hal yang sangat penting karena apabila hal itu mengalami kendala, akan berakibat pada pencapaian akhir secara keseluruhan. Begitu pun interaksi yang dikakukan antara pemain dengan pelatih, kedua belah pihak harus menjaga hubungan ini sampai pada titik saling memahami.

Begitu pun komunikasi dengan pihak eksternal seperti dengan media massa, pihak sponsor maupun supporter tidak bisa diabaikan karena pihak eksternal ini memiliki kekuatan besar yang bisa mempengaruhi klub Persib. Komunikasi yang dibangun diantara keduanya harus berlandaskan saling menguntungkan karena Persib sendiri tidak bisa mengandalkan kekuatan internal. Sebaliknya dengan keberadaan Persib media massa ikut terdongkrak. Hal serupa terjadi pada hubungan Persib dengan para pendukung maupun dengan pihak sponsor. (AA)