FPIK Unpad Dorong Pengembangan Kawasan Eduwisata Perikanan di Desa Sukamurni, Garut

[unpad.ac.id, 15/05/2017] Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran bersama Pemerintah Kabupaten Garut sepakat melakukan kerja sama pengembangan kawasan perikanan berbasis eduwisata di Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Garut.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut di Desa Sukamurni, Cilawu, Garut, Rabu (10/05) lalu. Kerja sama dilakukan untuk pengembangan kawasan eduwisata perikanan di Desa Sukamurni.*

Kesepakatan tersebut tertuang dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangani Wakil Dekan II FPIK Unpad Dr. Sunarto, S.Pi., M.Si., dengan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut H. Indriana Soemarto, M.M., di Balai Desa Sukamurni, Cilawu, Garut, Rabu (10/05) lalu. Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Garut dr. H. Helmi Budiman, Camat Cilawu Ahmad Mawardi, dan Kepala Desa Sukamurni Nanang Kosim.

Sementara dari pihak FPIK Unpad, hadir Manajer Riset dan Kerjasama FPIK Unpad Dr.Ir. Iwang Gumilar, M.Si, Ketua Program Studi  Perikanan Prof. Dr. Ir. Junianto, MP berserta para dosen di prodi Perikanan.

Dalam rilis yang diterima Humas Unpad dijelaskan, pengembangan kawasan eduwisata perikanan ini akan dilaksanakan berupa sosialisasi program, pelatihan dan pendampingan kegiatan perikanan, pengembangan kegiatan perikanan untuk kegiatan wisata, dan kegiatan lain yang dipandang perlu mengembangkan bidang perikanan. Desa Sukamurni sendiri akan dikembangkan sebagai desa binaan prodi Perikanan Unpad.

Berdasarkan pemetaan, wilayah Desa Sukamurni kaya akan air dan sawah. Untuk itu, sebagai langkah awal kerja sama, dilakukan penyuluhan kepada masyarakat desa terkait teknik integrasi perikanan dan pertanian (minapadi), teknik pembenihan ikan nilem, pengelolaan kualitas air berbasis akuaponik, serta penyuluhan pengolahan hasil perikanan dan pemasaran.

Dalam sambutannya, Helmi mengatakan, pengembangan kawasan eduwisata ini diharapkan dapat mengangkat berbagai komoditas lokal andalan di Garut. “Ke depan diharapkan ada pembinaan  kepada masyarakat  dalam memasarkan potensi  wisata  Desa Sukamurni Kecamatan Cilawu oleh pihak akademisi,” ujar Helmi.

Sementara itu, Dr. Sunarto menyampaikan, kerja sama ini diharapkan menjadi ajang kolaborasi pengembangan wilayah antara akademisi dengan masyarakat. Pola pembelajaran transformatif yang diaplikasikan di Unpad diharapkan dapat diimplementasi di Desa Sukamurni.

Prof. Junianto juga mengutarakan, sebagai tindak lanjut dari upaya pengembangan desa binaan, Desa Sukamurni ke depan akan menjadi lokasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh para dosen maupun mahasiswa di prodi Perikanan Unpad.

Usai penandatanganan, dilakukan penyuluhan  kepada  beberapa  kelompok  pembudidaya ikan di Desa Sukamurni. Penyuluhan ini membahas tentang kegiatan perikanan secara menyeluruh mulai dari kegiatan produksi, pengolahan, dan pemasaran. *

 

Rilis oleh program studi Perikanan FPIK Unpad/am

 

The post FPIK Unpad Dorong Pengembangan Kawasan Eduwisata Perikanan di Desa Sukamurni, Garut appeared first on Universitas Padjadjaran.