Dua Mahasiswa Unpad Ikuti Pertukaran Mahasiswa di Tenri University Jepang

[unpad.ac.id, 11/08/2017]  Dua mahasiswa Unpad yakni, Senza Rinjani (Manajemen Komunikasi, Fikom 2014) dan Yessy Octaviani (Sastra Jepang, FIB 2014) telah terpilih sebagai delegasi untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa di Tenri University, Jepang. Program pertukaran pelajar ini akan dilaksanakan mulai September 2017 hingga Agustus 2018 mendatang. Kedua mahasiswa tersebut terpilih berdasarkan serangkaian proses seleksi dengan nilai yang didapatkan dari seleksi tersebut.

Seleksi dilakukan dari mulai tingkat fakultas hingga tingkat universitas yang dimulai dengan mengirimkan berkas seperti CV dalam Bahasa Inggris, self introduction essay, transkrip akademik dan foto berwarna terbaru. Setelah lolos tahap tahap selanjutnya, peserta diminta untuk menggunakan salah satu bahasa diantara Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang untuk wawancara.

“Pada sesi presentasi ada tiga tema pilihan, dan saya mengambil tema ‘How will you adapt in Japan’ serta penampilan kebudayaan, kebetulan saya menampilkan Tari Saman. Setelah itu tahap terakhir yaitu diwawancara oleh pihak universitas dengan menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang,” tutur Senza dalam rilis yang disampaikan ke Humas Unpad.

Selama satu tahun di Tenri University sebagai mahasiswa pertukaran pelajar, Senza dan Yessy akan belajar mengenai bahasa serta kebudayaan Jepang. Selain itu mereka berperan sebagai perwakilan Indonesia sekaligus Unpad untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke warga sekitar serta mahasiswa asing lainnya dengan harapan orang asing akan lebih mengenal Indonesia dan juga tertarik untuk datang ke Indonesia.

Program pertukaran pelajar antara Unpad dengan Tenri University sendiri telah berlangsung selama sepuluh tahun, dan setiap tahunnya akan mengirimkan dua mahasiswa Unpad untuk diberangkatkan ke Tenri University.

Rilis/mar

The post Dua Mahasiswa Unpad Ikuti Pertukaran Mahasiswa di Tenri University Jepang appeared first on Universitas Padjadjaran.