Dorong Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah, FKG Unpad Gelar Semiloka bagi Peneliti Medis

[unpad.ac.id, 5/05/2017] Unit Jurnal Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Relawan Jurnal Indonesia Koordinator Daerah Jawa Barat menggelar Semiloka “The Art of Medical Research: Medical Scientific Writing and Management” di Bale Atikan (Unpad Training Center), Jln. Ir. H. Djuanda No. 4 Bandung, Jumat (5/05). Acara ini dibuka secara resmi oleh Direktur Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A-K, M.Kes. dan Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unpad, Dr. Nina Djustiana, drg., M.Kes.

Kepala Subdirektorat Fasilitasi Jurnal Ilmiah Kemenristekdikti Suwitno, SE saat menjadi pembicara pada acara Semiloka “The Art of Medical Research: Medical Scientific Writing and Management” di Bale Atikan (Unpad Training Center), Jln. Ir. H. Djuanda No. 4 Bandung, Jumat (5/05) (Foto oleh : Artanti Hendriyana)*

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Budi mendorong peserta untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah. Menurutnya, meski banyak penelitian yang telah dilakukan, akan percuma jika tidak didokumentasikan. Salah satu dokumentasi penelitian yang dapat dilakukan adalah melalui jurnal ilmiah.

“Kalau sudah masuk jurnal, itu sudah terdokumentasikan, baik nasional bahkan internasional,” kata Prof. Budi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unpad, Dr. Nina Djustiana, drg., M.Kes mengungkapkan bahwa saat ini FKG Unpad terus meningkatkan kualitas jurnal ilmiah yang dikelolanya. Berbagai penelitian saat ini telah banyak dilakukan oleh para akademisi, dan FKG Unpad turut menyediakan wadah untuk mempublikasikan karya ilmiah tersebut.

“Ini salah satu proses bagi kita untuk menggapai impian-impian kita sebagai insan akademisi untuk mencapai jurnal yang terbaik.”kata Dr. Nina.

Ketua Panitia sekaligus Ketua Unit Publikasi Ilmiah FKG Unpad, drg. Tadeus Arufan Yasrin, M.M. menuturkan bahwa dengan digelarnya semiloka ini,  diharapkan para peserta dapat mengetahui, memahami, dan siap melakukan penelitian ilmiah yang berstandar baik. Acara ini diikuti oleh sejumlah dokter gigi, dokter umum, dan profesional medis lainnya, serta sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Acara ini menghadirkan sejumlah pembicara, diantaranya Kepala Subdirektorat Fasilitasi Jurnal Ilmiah Kemenristekdikti Suwitno, SE, Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Dwi Purnomo, Ketua Tim Technology readiness level (TRL) Unpad Prof. I Made Joni, M.Sc., Ketua Konsorsium WMI UIN SGD, Prof. Anton Athoillah, Editor in Chief Jounal of Dentistry Indonesia UI Dr. Yuniardini Septorini Wimardhani, dan Ketua Relawan Jurnal Indonesia Dr. Uwes Fatoni.

Materi yang disampaikan dalam semiloka tersebut antara lain mengenai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis penelitian dan  publikasi ilmiah, transformasi akademik melalui publikasi ilmiah terhilirisasi, simulasi petunjuk membuat penelitian aplikatif dengan TRL, serta kaidah, petunjuk dan seluk beluk penelitian dan penulisan ilmiah sesuai standar Kemenristekdikti dan internasional.

Laporan oleh Artanti Hendriyana/wep

 

The post Dorong Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah, FKG Unpad Gelar Semiloka bagi Peneliti Medis appeared first on Universitas Padjadjaran.