Direktorat SDM Unpad Gelar Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Tenaga Kependidikan

[unpad.ac.id, 25/07/2017] Peningkatan dan pengembangan kompetensi tenaga kependidikan menjadi salah satu perhatian utama Universitas Padjadjaran dalam mempersiapkan para tenaga kependidikan tersebut untuk mengemban Jabatan Fungsional sesuai dengan tuntutan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) No. 5 Tahun 2014.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad, Dr. Dedi Sukarno, S.IP., M.Si., sedang menyampaikan materi dihadapan peserta Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Padjadjaran, Selasa (25/07) di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinanor. (Foto: Tedi Yusup)

Upaya inilah yang dilakukan Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM) Universitas Padjadjaran adalah dengan menggelar Program Pelatihan Tenaga Kependidikan Terintegrasi yang meliputi Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Pelatihan Microsoft Office dan Pelatihan Bahasa Inggris. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah digelar hari ini, Selasa (25/07) di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor.

Direktur Sumber Daya Manusia Universitas Padjadjaran Drs. Gatot Riwi Setyanto, M.Si., saat membuka acara tersebut menyampaikan bahwa berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh Direktorat Sumber Daya Manusia ini diharapkan dapat membuka wawasan  para tenaga kependidikan dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga kependidikan yang lebih profesional.

“Pengembangan SDM menuju Jabatan Fungsional ini secara serius dilaksanakan oleh Unpad sesuai arah kebijakan pimpinan Unpad ke depan. Unpad saat ini telah mendaftarkan sebanyak 1500 kuota jabatan fungsional ke Dikti, sementara perguruan tinggi yang lain belum,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa Unpad menjadi fasilitator pengembangan tenaga kependidikan melalui berbagai pelatihan agar dapat meningkatkan kinerja mencapai jabatan fungsional tersebut. Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah ini menjadi salah satu bekal menjadi jabatan fungsional dimana tuntutan menjadi jabatan fungsional yang profesional adalah kemampuan menulis, khususnya karya tulis ilmiah.

Pada pelatihan tersebut, Sekretaris Direktorat Sumber Daya Manusia Arif Firmansyah, S.Si., MT., juga menjelaskan bahwa berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh Direktorat SDM akan diselenggarakan dalam tiga format, yaitu, ceramah atau kuliah, workshop berupa praktik langsung dan Group Discussion dengan jumlah anggota paling banyak 20 orang.

Pada Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini diawali dengan pemberian materi dalam bentuk ceramah atau kuliah yang disampaikan oleh dosen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad, Dr. Dedi Sukarno, S.IP., M.Si., yang membawakan materi mengenai Konsep Dasar Penelitian. Pelatihan tersebut diikuti oleh sekira 150 orang dari berbagai unit kerja di lingkungan Universitas Padjadjaran.

 

Laporan oleh Marlia

The post Direktorat SDM Unpad Gelar Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Tenaga Kependidikan appeared first on Universitas Padjadjaran.