Calon MAhasiswa Baru Unpad Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

[unpad.ac.id, 18/07/2017] Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2017/2018 jalur SBMPTN serta program S1 Pangandaran dan Sarjana Terapan (Diploma IV) wajib melaksanakan pemeriksaan kesehatan di kampus Unpad. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Klinik Pratama Akademik Padjadjaran yang berlokasi di Kampus Jatinangor, mulai Senin (17/07) lalu hingga 31 Juli mendatang.

Seorang calon mahasiswa Unpad TA 2017/2018 sedang melaksanakan pemeriksaan di Klinik Pratama Akademik Padjadjaran yang berlokasi di Kampus Jatinangor, Senin (17/07). (Foto: Tedi Yusup)*

“Mahasiswa baru Sarjana SBMPTN dan D-IV wajib melakukan tes kesehatan di Klinik Padjadjaran yang dikelola UPT Kesehatan Unpad,” ujar Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., saat diwawancarai Humas Unpad, Selasa (18/07).

Tes kesehatan dilakukan sebagai salah satu persyaratan akademik untuk melaksanakan registrasi administratif. Pemeriksaan ini menjadi penting bagi calon mahasiswa yang memilih program studi tertentu dengan persyaratan tidak boleh buta warna.

Lebih lanjut Prof. Reiza mengatakan, jika hasil pemeriksaan calon mahasiswa dinyatakan positif buta warna, maka Unpad akan memindahkan program studi bersangkutan ke prodi yang tidak mensyaratkan buta warna.

“Pemindahan prodi juga dilakukan setelah calon mahasiswa bersangkutan mengikuti tes Psikologi di BPIP Unpad,” kata Prof. Reiza.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kesehatan dasar, seperti berat badan, tinggi badan, pemeriksaan nadi, suhu tubuh, riwayat kesehatan, hingga tes buta warna. Setiap harinya, pemeriksaan kesehatan akan membatasi jumlah calon mahasiswa sebanyak 300 orang.









Pemeriksaan kesehatan di kampus Jatinangor ini diwajibkan bagi calon mahasiswa Sarjana Reguler, S1 Keperawatan Garut dan Sarjana Terapan. Sementara bagi calon mahasiswa PSDKU Pangandaran, pemeriksaan kesehatan dilakukan di Kabupaten Pangandaran.*

 

Laporan oleh Arief Maulana

The post Calon MAhasiswa Baru Unpad Lakukan Pemeriksaan Kesehatan appeared first on Universitas Padjadjaran.