Calon Mahasiswa Baru Unpad Jalur SBMPTN Lakukan Registrasi Administratif

[unpad.ac.id, 1/08/2017] Calon mahasiswa baru Universitas Padjadjaran tahun akademik 2017/2018 dari jalur SBMPTN melaksanakan registrasi administratif di Bale Santika Kampus Jatinangor, 1 – 2 Agustus. Pada tahun ini, sebanyak 4.020 calon mahasiswa diterima Unpad melalui jalur SBMPTN.

Calon mahasiswa baru Universitas Padjadjaran tahun akademik 2017/2018 dari jalur SBMPTN melaksanakan registrasi administratif di Bale Santika Kampus Jatinangor, Selasa (1/08). (Foto: Arief Maulana)*

“Pada prinsipnya, calon mahasiswa datang melakukan registrasi untuk dinyatakan sebagai mahasiswa baru Unpad,” ujar Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad, Ahmad Baehaqi, S.Si., M.T., saat diwawancarai Humas Unpad, Selasa (1/08).

Pada saat registrasi, calon mahasiswa membawa kelengkapan berkas yang disyaratkan untuk diverifikasi. Selanjutnya, calon mahasiswa difoto untuk proses pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Calon mahasiswa juga akan mendapatkan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM).

Untuk proses pembuatan KTM kali ini tidak dicetak langsung oleh Unpad, melainkan oleh perbankan yang menjadi mitra Unpad. Pencetakan ini merupakan upaya universitas untuk memaksimalkan peran KTM yang bukan sekadar sebagai identitas mahasiswa Unpad.

“Kita inginkan KTM ini bisa digunakan sebagai alat transaksi berbasis non tunai (e-money) serta dapat digunakan sebagai kartu ATM,” jelas Ahmad.

Lebih lanjut Ahmad menerangkan, kartu ATM ini dapat dicetak oleh seluruh mitra perbankan Unpad, diantaranya BNI, Bank Mandiri, BRI, BJB, dan BTN. Calon mahasiswa tinggal memilih perbankan sesuai dengan yang diinginkan. Setelah memilih, pihak perbankan kemudian akan mencetak KTM tersebut.

Proses pencetakan ini memerlukan waktu karena adanya regulasi yang harus dipenuhi perbankan. Untuk sementara, mahasiswa baru yang sudah melaksanakan registrasi pada 1 -2 Agustus akan mendapatkan tanda bukti registrasi.

Selain dapat digunakan sebagai kartu ATM  dan transaksi elektronik, KTM tersebut juga akan diintegrasikan dengan BPJS. Untuk integrasi ini, pihaknya masih melakukan kajian lebih lanjut. “Kita harapkan, satu KTM memiliki fungsi yang banyak,” kata Ahmad.*

Laporan oleh Arief Maulana

 

The post Calon Mahasiswa Baru Unpad Jalur SBMPTN Lakukan Registrasi Administratif appeared first on Universitas Padjadjaran.